Ketika mendengar kata limbah, mungkin kita membayangkan hal-hal yang menjijikkan dan tidak berguna. Tidak hanya dari pabrik atau konveksi besar, ternyata rumah tangga sehari-hari juga dapat menghasilkan limbah. Bahkan menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2021, 37,3% sampah di Indonesia berasal dari aktivitas rumah tangga.

Pernahkah Anda membayangkan, akan jadi apa sampah-sampah dan limbah yang Anda buang setiap harinya? Akahkah limbah tersebut terurai dengan sendirinya, ataukah justru limbah tersebut akan semakin membuat kotor bumi ini?

Ternyata, jika Anda mau berkreasi Anda dapat mengolah limbah rumah tangga sehari-hari menjadi bahan-bahan yang berguna. Limbah rumah tangga dikelompokkan menjadi dua yaitu organik seperti sisa sayuran, kulit buah dan anorganik seperti botol plastik, kaleng, besi, elektronik bekas. Lalu bisa diolah menjadi apa sajakah limbah-limbah tersebut?

  1. Pupuk Kompos
Pupuk Kompos Dari Limbah Rumah Tangga Organik/dekoruma.com

Limbah organik seperti sisa sayuran atau kulit buah ternyata bisa diolah menjadi pupuk kompos. Hal ini akan tepat guna jika di rumah Anda juga memelihara banyak tanaman. 

Pupuk kompos dari limbah organik dapat Anda buat dengan cara mencampurkan sisa sayuran atau kulit buah dengan tanah dalam wadah besar. Jika sudah siram permukaan tanah dengan sedikit air. Tutup wadah dan diamkan selama 3 minggu hingga pupuk kompos dapat digunakan.

2. Kerajinan Tangan

Limbah rumah tangga anorganik seperti botol bekas atau kaleng dapat Anda manfaatkan untuk kerajinan tangan. Misalnya, Anda dapat mengkreasikan botol bekas jadi kotak penyimpanan pensil, atau menggunakan kaleng sebagai gayung untuk menyiram tanaman.

3. Pakan Ternak

Limbah rumah tangga organik seperti sisa sayuran atau kulit buah juga dapat Anda gunakan untuk pakan ternak. Mungkin tetangga atau keluarga Anda memiliki ternak seperti sapi atau kambing, limbah tersebut dapat Anda berikan untuk pakan ternak. Limbah juga dapat diolah jadi pelet bernutrisi tinggi untuk ikan.

4. Daur Ulang dan Dijual

Daur Ulang Botol Plastik/orami.co.id

Jika Anda memiliki cukup banyak waktu luang, Anda dapat mendaur ulang limbah yang ada di rumah bahkan kemudian bisa menjualnya. Contohnya botol plastik ukuran 1,5 L dapat Anda potong dan Anda warnai dengan cat air, kemudian botol tersebut bisa beralih fungsi menjadi tempat penyimpanan.

Anda juga bisa mendaur ulang kertas atau kertas koran yang Anda miliki di rumah. Cukup gunting-gunting dan jadikan satu bagian, maka kertas atau kertas koran tersebut bisa menjadi hiasan rumah.

Itu dia beberapa ide kreatif untuk dapat mengolah limbah rumah tangga menjadi barang yang berguna. Yuk olah limbah agar bumi terbebas dari sampah!

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini