Salah Satu Jenis Olahraga Kardio/klikdokter.com

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan seseorang. Hal ini karena olahraga mendatangkan berbagai manfaat bagi tubuh seperti membakar lemak dan menyehatkan tubuh. Salah satu olahraga yang saat ini sedang sering dilakukan orang-orang adalah olahraga kardio. Kardio adalah olahraga yang sangat menyehatkan bagi jantung.

Olahraga kardio adalah aktivitas fisik yang bertujuan untuk memompa darah ke jantung dan paru paru agar detak jantung meningkat, hingga mencapai titik maksimal pembakaran lemak dan kalori. Itu karena kardio sendiri diambil dari kata kardiovaskular yang berarti sistem jantung dan pembuluh darah. 

Adapun kardio yang bisa dilakukan sehari-hari dan tergolong sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Naik Turun Tangga

Jika Anda bekerja di gedung bertingkat atau memiliki rumah bertingkat, naik turun tangga bisa jadi pilihan kardio yang bisa dilakukan. Olahraga ini efektif untuk memompa jantung dan mengeluarkan keringat.

  1. Jalan Kaki

Adanya transportasi yang maju membuat orang sekarang malas jalan kaki. Padahal jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga kardio. Untuk mendapatkan manfaat optimal, Anda bisa jalan kaki setidaknya 30 menit per hari. Aktivitas ini bagus untuk menyehatkan jantung dan paru-paru.

  1. Lompat Tali

Mungkin dahulu ini hanyalah sebuah permainan, namun siapa sangka lompat tali menjadi olahraga yang efektif untuk membakar lemak dan kalori. Lompat tali bisa membakar hingga 220 kalori per 20 menit. Bagi pemula, coba dulu lakukan lompat tali selama 10-30 detik.

  1. Squat Jump

Squat jump masuk ke dalam kategori kardio. Ini karena squat jump mampu menaikkan irama jantung jika dilakukan secara tepat dan teratur. Selain itu squat jump juga bermanfaat untuk membakar kalori serta menguatkan otot paha dan kaki.

Manfaat Olahraga Kardio

Selain bagus bagi kesehatan jantung dan paru-paru, olahraga kardio memiliki beberapa manfaat lain bagi tubuh seperti:

  1. Menjaga kadar gula darah dan kolesterol, karena kardio membantu memperbaiki mekanisme tubuh dalam menggunakan gula darah dan menurunkan resistensi insulin
  2. Meningkatkan imun, karena olahraga ini membantu seseorang mengatasi stress dan mendapatkan kekebalan tubuh yang lebih kuat
  3. Menjaga berat badan karena olahraga ini akan membakar banyak kalori dan meningkatkan massa otot

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini