Berwisata menjadi salah satu sarana untuk melepaskan penat setelah hari-hari yang berat. Apalagi jika memiliki waktu libur yang cukup banyak, rasanya pasti ingin berwisata ke tempat-tempat indah. Salah satu tempat berwisata yang dapat dikunjungi di Indonesia adalah Taman Nasional (TN). 

Ada beberapa taman nasional di Indonesia yang indah dan memiliki aneka ragam flora dan fauna. Dengan berwisata di TN, kita juga bisa belajar mengenai beragam tanaman dan hewan yang ada di dalamnya alih-alih hanya berwisata melepas penat. Berikut ini rekomendasi 4 taman nasional yang dapat dikunjungi di Indonesia!

  1. Taman Nasional Ujung Kulon
Badak Bercula Satu Yang Ada di Taman Nasional Ujung Kulon/banten.travel

Terletak di paling barat Indonesia yaitu Banten, TN ini terkenal dengan adanya badak bercula satu yang populasinya semakin berkurang di dunia. Dengan luas 107.489 Ha, taman ini merupakan situs warisan dunia. Selain badak bercula satu, TN ini juga menjadi habitat untuk merak, banteng, babi hutan, dan ayam hutan. Untuk tiket masuk berkisar 5.000-15.000 untuk WNI dan sekitar 150.000 untuk turis asing.

2. Taman Nasional Bunaken

Terletak di Sulawesi Utara, TN Bunaken menjadi tempat tinggal dari berbagai spesies yang ada di perairan. Ada sebanyak 390 spesies terumbu karang dan 90 spesies biota laut yang dapat Anda lihat di TN Bunaken. Untuk WNI dikenakan tiket masuk sebesar 5.000 dan untuk turis asing sebesar 150.000.

3. Taman Nasional Tanjung Puting

TNTP terletak di Pangkalanbun, Kalimantan Tengah. TNTP menjadi tempat tinggal bagi banyak spesies orangutan dan beberapa jenis kera lainnya. Untuk menuju TNTP Anda harus naik klotok (sejenis kapal kecil khas daerah) dengan perjalanan kurang lebih 4-5 jam dari Pelabuhan Kumai. Selama perjalanan menuju TNTP Anda bisa menikmati hamparan hijau hutan Kalimantan dan melihat sungai yang berbeda warna di Sungai Sekonyer.

4. Taman Nasional Karimun Jawa

Konservasi Penyu di TN Karimunjawa/jepara.go.id

Karimun Jawa dikenal akan keindahan pantai dan perairannya, di kawasan ini ternyata juga ada kawasan TN. TN Karimun Jawa terletak di Jepara, Jawa Tengah dengan. Anda dapat menjangkau TN ini dengan kapal dari Jepara. Di TN Karimun Jawa Anda dapat melihat hutan bakau, padang lamun, padang rumput, hutan hujan tropis, keindahan bawah laut dan terumbu karang, bahkan hiu yang dikonservasi. 

Itu dia rekomendasi taman nasional di Indonesia yang dapat dikunjungi untuk wisata. Selain berwisata, jangan lupa juga tetap jaga kebersihan dan kelestarian flora dan fauna di dalamnya ya!

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon