Minuman segar menjadi pelepas dahaga ketika cuaca panas dan juga ketika makan di kafe maupun restoran. Banyak sekali jenis minuman segar yang sering kita konsumsi, salah satunya adalah soda. Namun meskipun terasa segar saat diminum, minuman bersoda memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh apalagi jika dikonsumsi berlebihan.

Mengkonsumsi soda berlebihan dapat mendatangkan penyakit bagi tubuh. Apa saja penyakit yang dapat menyerang tubuh jika kita mengkonsumsi minuman bersoda terlalu berlebihan?

  1. Osteoporosis
Osteoporosis Akibat Konsumsi Soda Berlebihan/klikdokter.com

Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang cukup tinggi. Harus diketahui bahwa zat asam fosfat dapat merusak jaringan tulang. Selain itu minuman soda juga dapat menghambat penyerapan kalsium bagi tubuh. Padahal tulang membutuhkan kalsium untuk menguatkannya.

2. Obesitas

Berdasarkan beberapa penelitian, minuman bersoda mengandung gula empat kali lebih banyak dari minuman manis biasa. Jika dikonsumsi terlalu sering, minuman bersoda dapat menyebabkan obesitas. Padahal obesitas dapat menyebabkan penyakit mematikan lainnya.

3. Kerusakan Pada Gigi

Gigi juga memerlukan kalsium untuk tetap tumbuh dan kuat, namun soda dapat menghambat penyerapan kalsium. Jika konsumsi terlalu banyak minuman bersoda, Anda bisa mengalami pengeroposan gigi, gigi berlubang, karies, hingga pertumbuhan gigi yang tidak sempurna.

4. Insomnia

Banyak zat yang terkandung dalam minuman bersoda, salah satunya adalah aspartame. Zat aspartame dapat menyebabkan gangguan tidur di malam hari atau sering disebut sebagai insomnia. Jika sudah mengalami insomnia, bukan tidak mungkin resiko depresi juga akan meningkat dalam diri sendiri.

5. Asam Urat

Penyakit Asam Urat/klikdokter.com

Mengkonsumsi minuman soda dapat memicu terjadinya asam urat karena zat fruktosa. Konsumsi minuman bersoda yang berlebihan dapat memicu kambuhnya asam urat bagi yang memiliki riwayat penyakit tersebut. Biasanya gejala yang dirasakan adalah nyeri pada sekitar sendi.

Itu dia beberapa dampak buruk dan penyakit yang dapat menyerang tubuh Anda jika mengkonsumsi soda secara berlebihan. Tidak apa-apa mengkonsumsi soda untuk menyegarkan dahaga, namun pastikan bahwa Anda mengkonsumsi secukupnya saja ya. Tetap jaga kesehatan karena sehat itu mahal harganya!

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon