Informasi Umum Bagaimana Cara Mengetahui Data Aset Negara Indonesia?

Bagaimana Cara Mengetahui Data Aset Negara Indonesia?

Aplikasi Sistem Manajemen Aset Negara/djkn.kemenkeu.go.id

Sebuah negara tentu memiliki sumber daya yang dapat menunjang kelangsungan hidup negaranya. Salah satu sumber daya yang dimiliki adalah tangible asset atau yang biasa disebut sebagai sumber daya berwujud. Tangible asset sendiri merupakan kekayaan atau aset negara yang dapat dimanfaatkan secara fisik menggunakan panca indera. Contohnya adalah bangunan, gedung, properti, dan sebagainya.

Dirjen Kekayaan Negara (DJKN) mencatat pada tahun 2020, jumlah aset Indonesia mencapai Rp 11.098 triliun. Tentunya kita bertanya-tanya, dengan jumlah yang tidak sedikit tersebut apa saja sebenarnya aset yang dimiliki oleh negara Indonesia?

Ternyata, aset yang dimiliki oleh negara Indonesia dapat kita ketahui datanya melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). LMAN sendiri memiliki tiga layanan utama yaitu mengelola aset-aset nasional yang potensial agar menghasilkan manfaat finansial, melakukan pendanaan pengadaan tanah untuk pembangunan infrastruktur, dan memberi jasa konstruksi terkait manajemen properti negara.

Untuk mengetahui data aset-aset yang dimiliki negara Indonesia melalui LMAN, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka website resmi LMAN pada https://lman.kemenkeu.go.id/
  2. Pilih menu “Layanan”
  3. Pilih “Aset Kelolaan LMAN”, ada empat pilihan aset yang dapat Anda lihat yaitu apartemen, gedung, ruko, dan juga tanah yang masuk dalam tangible asset 
  4. Untuk melihat aset yang lain, klik “lihat aset lainnya”

“LMAN merupakan salah satu bentuk perubahan mindset pengelolaan dan pemanfaatan aset nasional di Indonesia. Dulu sebelum adanya UU Keuangan Negara bahkan aset nasional tidak tercatat sehingga tidak bisa dioptimalkan. Oleh sebab itu adanya LMAN diharapkan dapat mengidentifikasi dan mengoptimalkan aset-aset yang dikelola,” ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Mengetahui Data Aset Negara Melalui Aplikasi SIMAN

Selain melalui LMAN, untuk mengetahui data mengenai aset negara kita dapat membukanya melalui aplikasi SIMAN. SIMAN sendiri merupakan aplikasi untuk mendukung pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang meliputi perencanaan, pengelolaan, pemanfaatan, pemindahtanganan aset negara berbasis internet yang dapat diakses pengguna dan pengelola.

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu Anda mencari data aset Indonesia. Salah satu fitur yang penting adalah Master Aset yang berisi data aset nasional dalam rangka pengelolaan Barang Milik Negara.

Untuk dapat mengakses data melalui SIMAN, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan berikut ini:

  1. Unduh aplikasi SIMAN melalui https://www.djkn.kemenkeu.go.id/websiman/
  2. Pilih menu Registrasi kemudian pilih jenis user yang akan Anda gunakan, apakah pengguna barang atau pengelola barang
  3. Jika sudah klik tombol pilih, kemudian akan muncul formulir registrasi dan Anda harus mengisi formulir yang dapat Anda download di dalam form registrasi
  4. Unggah dokumen formulir yang Anda download ke website SIMAN sebagai syarat Anda dapat melanjutkan pengisian form yang lain
  5. Pastikan Anda sudah mengisi seluruh data dengan benar, jika sudah kemudian klik tombol simpan
  6. Tunggu konfirmasi mengenai username dan password yang dapat Anda gunakan untuk login di aplikasi SIMAN melalui email yang akan dikirimkan oleh DJKN

Untuk informasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai aplikasi SIMAN, dapat Anda lihat melalui tautan berikut ini. Sementara itu, mengenai peraturan Barang Milik Negara dapat Anda lihat melalui link berikut ini.

Penulis: Serafina Indah Chrisanti

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini