Ilustrasi Procurement/accurate.id

Keberlangsungan sebuah perusahaan ditentukan oleh berbagai aspek, salah satunya adalah procurement. Procurement atau sering dikenal dengan istilah pengadaan adalah sebuah upaya penyediaan barang/jasa untuk sebuah bisnis yang berasal dari sumber eksternal perusahaan atau biasa disebut dengan supplier.

Dalam proses pengadaan barang atau jasa ini, sebuah perusahaan biasanya akan mengadakan lelang dan mencari supplier barang/jasa terbaik bagi perusahaan. Lelang tersebut dapat dilakukan secara online, bahkan beberapa perusahaan memiliki situs sendiri untuk melakukan procurement.

Beberapa situs dan forum yang dapat Anda kunjungi jika tertarik mengikuti sebuah procurement perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)

LKPP sendiri mengembangkan sebuah layanan pengadaan secara elektronik yang bernama Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Procurement elektronik ini bertujuan agar akses informasi dapat diperoleh real time dan dapat meningkatkan akses pasar.

Untuk mengikuti tender di LPSE, Anda harus memiliki akun dan mendaftarkan diri. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Cari website LPSE terdekat dimana Anda ingin mendaftar, pencarian nama dan website dapat dilakukan pada https://inaproc.id/ 
  • Jika sudah ada pada situs yang Anda inginkan, klik “Mendaftar” sebagai penyedia barang/jasa di tampilan depan situs
  • Masukkan alamat email resmi perusahaan, ikuti arahan, kemudian klik daftar
  • Akan ada konfirmasi pendaftaran di email perusahaan yang Anda daftarkan, klik konfirmasi dan isi dokumen elektronik yang dipersyaratkan
  • Setelahnya klik daftar dan Anda akan mendapatkan ID dan password
  • Simpan ID dan password kemudian datang ke kantor LPSE terdekat untuk melakukan verifikasi data penyedia

Dengan mendaftar pada akun LPSE, perusahaan Anda dapat mengikuti penawaran dan tender secara online.

  1. Government Procurement Forum & Expo

Forum dan expo ini menjadi wadah bagi para penyedia barang/jasa untuk mempromosikan diri. Forum ini diadakan setiap tahun dan ada tiga sesi utama yang dilaksanakan yaitu Seminar, Webinar, dan juga Pameran.

Untuk mendaftarkan perusahaan dalam seminar, webinar, atau pameran, Anda dapat mengunjungi website GPFE. Segala bentuk pendaftaran dilakukan melalui website karena panitia menyediakan e-form untuk diisi. Jika Anda ingin mendaftarkan diri sebagai peserta pameran, Anda dapat menghubungi panitia pada kontak berikut ini. Informasi lebih lanjut juga dapat diakses melalui akun LinkedIn GPFE.

  1. Forum Procurement & Purchasing Indonesia

Selain mendaftarkan diri di beberapa website dan pameran, Anda juga dapat mengikuti forum pengadaan barang/jasa di media sosial, salah satunya adalah Facebook. Ada sebuah komunitas bernama procurement & purchasing Indonesia di Facebook.

Dalam komunitas ini, perusahaan Anda dapat bertukar informasi, memberikan informasi, memberikan penawaran atas barang/jasa milik perusahaan. Komunitas ini dapat menjadi jembatan penawaran dan permintaan yang terpercaya. Selain itu, Anda juga dapat menambah relasi dan bertemu dengan berbagai perusahaan lain melalui komunitas Facebook ini.

Dengan mengikuti proses Procurement, Anda dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan barang/jasa. Tentunya pastikan barang/jasa yang Anda tawarkan memiliki kualitas tinggi dan tujuan yang jelas sehingga dapat dilirik oleh perusahaan lain.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini