Spesies Komodo di Taman Nasional Komodo/ksde.menlhk.go.id

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memiliki wacana untuk menaikkan tiket masuk Taman Nasional Komodo. Jika sebelumnya tarif masuk sebesar Rp 150.000, per Agustus 2022 disebut tarifnya akan naik menjadi Rp 3,75 juta rupiah berlaku untuk setahun penuh. Selain rencana kenaikan tarif, ada juga wacana untuk membatasi pengunjung TN Komodo.

“Hal-hal tersebut masih menjadi pembahasan di kalangan internal Kemenparekraf. Tapi memang daya dukung di Taman Nasional Komodo sangat sedikit dan sangat minim. Oleh sebab itu bagaimana caranya menjaga agar komodo tidak punah dan lingkungan tetap terjaga adalah dengan pembatasan,” ujar Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno.

Sandiaga mengatakan bahwa dirinya tak khawatir akan dampak kenaikan tarif TN Komodo. Hal ini karena pemerintah akan menyiapkan dan memaksimalkan kawasan penyangga di sekitar TN Komodo seperti Labuan Bajo dan Wae Rebo. Menurutnya, kenaikan tarif seharusnya tidak berfokus pada nominal namun pada upaya untuk menjaga kelestarian komodo dan lingkungan sekitar.

Sebelumnya, pada tahun 2019 Sandiaga sempat mencanangkan untuk membangun “Jurassic Park’ di TN Komodo. Sandi mengatakan proyek tersebut tidak akan merusak ekosistem tapi hanya memperbaiki fasilitas agar TN Komodo berstandar internasional. Namun keinginan tersebut ditegur oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). 

Keinginan serupa juga pernah disampaikan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Luhut ingin mengembangkan Taman Nasional Komodo menjadi wisata bintang enam. Pembangunan disebutkan akan difokuskan di Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Kenaikan Tarif Taman Nasional Komodo Ditunda

Setelah memunculkan polemik dan pro kontra dalam masyarakat, akhirnya pemerintah provinsi memutuskan menunda kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo yang seharusnya mulai berlaku pada bulan ini. Penundaan dilakukan hingga 1 Januari 2023.

“Sudah diumumkan pemerintah provinsi bahwa kenaikan tarif resmi ditunda hingga akhir tahun 2022. Hal ini sebagai respon atas aspirasi dan juga keinginan masyarakat. Untuk itu, tarif yang baru baru akan berlaku pada 1 Januari 2023,” ujar Sandiaga Uno.

Saat ini, tiket masuk Taman Nasional Komodo hingga 31 Desember 2022 masih berlaku tarif yang lama. Untuk WNI yang berkunjung di hari Senin-Sabtu dikenakan tarif Rp 5.000 sementara itu hari Minggu dan libur nasional Rp 7.500. Tarif untuk wisatawan internasional adalah Rp 150.000 untuk hari Senin-Sabtu dan Rp 225.000 untuk hari Minggu dan libur nasional.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon