Global Indonesia Benda Menyerupai Bom Dibuang Orang Tak Dikenal di Bekasi, Ini Ciri Pelakunya

Benda Menyerupai Bom Dibuang Orang Tak Dikenal di Bekasi, Ini Ciri Pelakunya

Ilustrasi Bentuk Bom/pixabay.com

Warga Jalan Caman Raya, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat menemukan barang mencurigakan di dalam tong sampah pada Senin, 23 Agustus 2021. Benda yang dicurigai bom tersebut ditemukan warga pertama kali pada pukul 09.00 WIB dan karena khawatir warga langsung melaporkannya kepada kepolisian.

Setelah dilaporkan, lokasi langsung dipasang police line dan polisi beserta tim Gegana langsung datang dan memeriksa benda mencurigakan tersebut. Benda tersebut ada di dalam tong sampah berwarna biru dan diletakkan di dalam kantong plastik hitam berbentuk kotak. Setelah diperiksa tim Gegana, benda mencurigakan tersebut ternyata berisi sesuatu mirip bom, ada rangkaian kabel lengkap dengan MCB dan juga layar LCD, dan juga ada paku, namun tidak mengandung bahan peledak.

“Kami masih melakukan olah TKP oleh tim Gegana, dan berdasarkan olah TKP diketahui benda tersebut tidak mengandung bahan peledak,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kota, Komisaris Besar Polisi Aloysius Supriyadi kepada beberapa media.

Hingga saat ini kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap kasus ini, termasuk memeriksa beberapa saksi dan kemungkinan adanya CCTV yang merekam pelaku ataupun kejadian tersebut. Karena tidak mengandung bahan peledak, polisi memastikan bahwa benda tersebut bukan bom namun hanya menyerupai saja. Untuk saat ini benda tersebut juga telah dimusnahkan oleh tim Gegana dengan cara diledakkan. Kombes Pol Aloysius mengatakan bahwa kejadian ini merupakan sebuah bentuk aksi teror. 

Keterangan Saksi dan Ciri-Ciri Pelaku

Menurut keterangan dari beberapa saksi yang ada di lokasi kejadian, pelaku pembuangan benda yang diduga bom tersebut berjumlah tiga orang. Seorang saksi bernama Novida Pakpahan (52), warga Jalan Caman Utara Baru mengatakan bahwa ketiga pelaku menutupi wajah dengan buff bergambar tengkorak, menggunakan sorban di leher, dan ketiganya memakai helm. Ketiga pelaku mengendarai dua sepeda motor dan masing-masing membawa ransel.

“Gelagat pelaku mencurigakan, karena pelaku sempat menoleh kekanan dan kekiri untuk memastikan tidak ada warga yang melihat. Satu orang menunggu di dekat pos dan dua orang lainnya berjalan mendekati tong sampah,” ujar Novida.

Novida menambahkan, setelah berhasil meletakkan benda tersebut di tong sampah, ada salah satu warga yang melihat dan pelaku langsung melarikan diri menggunakan sepeda motor dengan tergesa-gesa. Warga sempat merasa takut jika pelaku membawa senjata api.

Setelah pelaku kabur, warga mendekati tong sampah dan menemukan ada sebuah benda mencurigakan yang baru saja dibuang oleh pelaku. Warga langsung melaporkan hal tersebut kepada Polsek yang langsung diteruskan kepada Polres.

“Saat ini saksi sedang dikumpulkan, masih dalam penyelidikan dan dapat berkembang sesuai dengan informasi yang ada di lapangan. Untuk si pembuang benda tersebut juga sedang kami kejar di semua lokasi, semoga segera terungkap,” ujar Kombes Pol Aloysius.

Penulis: Serafina Indah Chrisanti

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini