Ilustrasi Modal Minimal Usaha/accurate.id

Dalam mendirikan sebuah perusahaan banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satu hal utama yang harus dipersiapkan adalah Modal Usaha. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021, disebutkan bahwa besaran modal dasar Perseroan ditentukan berdasarkan keputusan pendiri Perseroan. 

Modal dasar merupakan seluruh nilai minimal saham PT yang disebut dalam anggaran dasar. Modal dasar menjadi batasan bagi pendiri, pemegang saham, dan investor untuk memasukkan modal ke dalam PT. Meskipun PP No 8 Tahun 2021 mengatakan bahwa besaran modal ditentukan keputusan pendiri Perseroan, PP No. 7 Tahun 2021 ternyata mengatur mengenai kriteria modal usaha.

Dalam Pasal 3 Ayat 35, disebutkan bahwa ada kriteria modal usaha yang menjadi faktor untuk menentukan modal minimal mendirikan perusahaan yaitu sebagai berikut:

  1. Usaha Mikro:

Modal usaha paling banyak 1 miliar rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha

  1. Usaha Kecil:

Modal usaha lebih dari 1 miliar rupiah dan paling banyak 5 miliar rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha

  1. Usaha Menengah

Modal usaha lebih dari 5 miliar rupiah dan paling banyak 10 miliar rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha

  1. Usaha Besar

Modal usaha lebih dari 10 miliar rupiah 

Selain kriteria modal usaha, jumlah modal minimum dipengaruhi oleh tiga faktor lain yaitu Jumlah Pendiri (perseorangan atau persekutuan modal), Sektor Usaha (sektor keuangan atau sektor usaha lain), Identitas Pemodal (WNI/WNA).

Sementara itu menurut UU Nomor 40 Tahun 2007, Pasal 32 ayat 1 tentang Perseroan Terbatas (PT) menyebutkan bahwa Modal Dasar perseroan adalah paling sedikit Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah. Dimana sebanyak paling sedikit 25% dari modal dasar harus ditempatkan dan disetorkan penuh.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini