Penerima Bansos BLT BBM Tahap I di Papua/kemensos.go.id

Pemerintah memutuskan untuk mengalihkan subsidi BBM kepada bantuan yang lebih tepat sasaran. Keputusan pemerintah ini membuat harga BBM subsidi seperti Pertalite, Pertamax, dan Solar mengalami kenaikan per 3 September 2022. Namun pengalihan subsidi ini bukan tanpa alasan. Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa kompensasi BBM di tahun 2022 sudah meningkat tiga kali lipat.

“Saya sebenarnya ingin harga BBM tetap terjangkau dengan memberi subsidi dari APBN. Namun ternyata anggaran subsidi kompensasi BBM 2022 meningkat tiga kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502,4 triliun. Selain itu 70% subsidi justru dinikmati kelompok masyarakat mampu yang memiliki mobil-mobil pribadi,” ujar Presiden Joko Widodo. 

Oleh sebab itu, pemerintah akan menyalurkan bantuan yang lebih tepat sasaran melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM. Presiden Jokowi menyebutkan bahwa BLT BBM akan diberikan kepada 20,56 juta keluarga yang kurang mampu. BLT BBM dianggarkan sebesar Rp 12,4 triliun dan akan dibagikan sebesar Rp 150.000 per bulan selama empat kali dimulai pada bulan September 2022 hingga Desember 2022.

Sementara itu, Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan bahwa Kemensos akan menggunakan data BLT Minyak Goreng sebagai data BLT BBM untuk menyalurkan bantuan ke masyarakat. Meskipun begitu, Kemensos juga akan melakukan pembaharuan data BLT tersebut karena ada yang meninggal dan lain sebagainya.

“Kurang lebih data yang akan dipakai untuk penerima BLT BBM adalah data yang sama dengan penerima BLT Minyak Goreng. Namun Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) selalu kita perbarui secara berkala. Setiap bulannya dari daerah akan memasukkan data, kemudian kita perbaiki dan kita cek lagi dengan data kependudukan,” ujar Menteri Sosial.

Cara Cek Data Penerima BLT BBM

Pemerintah melalui Presiden Jokowi sudah mulai menyerahkan BLT BBM kepada para penerima manfaat per tanggal 1 September 2022. Penyerahan bantuan secara perdana dilakukan di Kantor Pos Indonesia, Kabupaten Jayapura, Papua untuk 100 Keluarga Penerima Manfaat.

Lalu apakah Anda termasuk penerima BLT BBM? Cek data Anda dengan cara:

  1. Buka website https://cekbansos.kemensos.go.id/ 
  2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan Anda
  3. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai yang tertera di KTP
  4. Ketikkan 8 huruf yang ada di kotak kode
  5. Jika huruf kurang jelas, Anda bisa merefreshnya agar mendapatkan kode huruf yang baru
  6. Klik “CARI DATA”

Kemudian akan muncul data apakah Anda termasuk penerima BLT BBM atau bukan. Jika Anda merupakan penerima, Anda dapat mengambil bantuan melalui Kantor Pos di daerah Anda dengan menunjukkan surat undangan pencairan, KTP, dan juga KK kepada petugas.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini