Ilustrasi Menerbitkan Buku/tokopedia.com

Hobi menulis buku, membuat cerita, atau membuat novel dapat menghasilkan jika tulisan tersebut dapat diterbitkan. Sayangnya beberapa dari kita belum mengetahui cara menerbitkan buku dan menghasilkan rupiah dari penerbitan tersebut. Membuat buku dan tulisan kita dapat terbit membutuhkan beberapa usaha yang besar.

Terkadang, beberapa penerbit besar memiliki syarat-syarat khusus bagi penulis yang ingin menerbitkan buku pada mereka. Namun, jika Anda keberatan dengan hal tersebut, ternyata Anda dapat melakukan penerbitan buku sendiri lho. Bagaimana caranya?

  1. Menyiapkan Naskah

Siapkan naskah tulisan yang Anda akan terbitkan. Perhatikan tanda baca, penulisan, penggunaan kata, dan penggunaan kalimat. Libatkan orang lain untuk mencoba membaca kembali naskah yang Anda tulis dan minta mereka menyebutkan kekurangannya.

Selain naskah, siapkan juga desain cover buku dan juga layout naskah. Dua hal ini bisa kamu lakukan dengan menyewa jasa freelancer atau ahli. Perhatikan juga budget yang harus Anda keluarkan dalam proses menyiapkan naskah tersebut.

  1. Dapatkan Nomor ISBN

Untuk dapat menerbitkan sendiri, Anda harus memiliki nomor ISBN (International Standard Book Number). Nomor ini diperlukan agar buku Anda resmi dan terdaftar dalam basis data sebuah toko buku. Cara mendapatkan nomor ISBN dapat Anda ikuti di website https://isbn.perpusnas.go.id/Home/InfoProcedure.

Setelahnya, siapkan dan perhitungan harga jual buku Anda. Pastikan lakukan survei pasar untuk memperoleh gambaran mengenai harga yang sesuai untuk menjual buku.

Menerbitkan Buku Melalui Agen Penerbit

Selain menerbitkan buku sendiri, Anda juga dapat melakukan penerbitan buku melalui agen penerbit besar. Beberapa agen penerbit yang ada di Indonesia adalah Gramedia, Mizan, dan juga Bukune. Berikut beberapa langkah menerbitkan buku melalui agen penerbitan tersebut:

  1. Menerbitkan Buku di Gramedia

Penerbitan buku di Gramedia dapat dilakukan secara online melalui http://dps.gramedia.com/. Sebelum mendaftarkan buku, pastikan Anda sudah melakukan registrasi akun. Setelah itu, kirimkan naskah dengan langkah berikut:

  1. Pada dashboard akun, klik tombol “Kirim Naskah” dan pilih penerbit yang akan dituju
  2. Ikuti tahap-tahap seperti menulis judul, sinopsis, mengunggah file, dan mengisi data naskah setelah itu klik “selesai”
  3. Jika ada tulisan “naskah telah diunggah” artinya naskah sudah berhasil dikirim ke penerbit

Tunggu proses review dari editor dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan. Jika naskah Anda dinyatakan lolos, Anda tidak perlu membayar biaya cetak buku. Bantuan dan pertanyaan, Anda dapat menghubungi email dps@gramedia.com. 

  1. Menerbitkan Buku di Mizan

Untuk menerbitkan buku di Mizan, Anda harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Naskah yang ditulis tidak boleh menggunakan mesin tik
  2. Kirim naskah dalam bentuk hard-copy atau print out
  3. Kirim juga CV dan daftar riwayat hidup serta lengkapi dengan surat pengantar

Masukkan naskah dan dokumen lain tersebut dalam amplop coklat kemudian kirimkan ke alamat Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan, Bandung, 40294, Penerbit Mizan. Jika ada pertanyaan, bisa menghubungi 022-7834310. Pengumuman naskah diterima atau tidak akan dilakukan melalui telepon atau email yang Anda cantumkan dalam dokumen.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini