Ilustrasi Penggunaan Whatsapp/unsplash.com

Salah satu platform chatting yang banyak digunakan masyarakat, Whatsapp, telah memperbaharui syarat dukungannya pada ponsel. Dalam website resminya Whatsapp memberikan dukungan kepada penggunaan perangkat android dengan tipe OS 4.1 dan yang lebih baru, perangkat iPhone dengan tipe iOS 10 dan yang lebih baru, dan ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.1 atau yang lebih baru termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

“Whatsapp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.4 dan yang lebih lama pada 1 November 2021. Harap beralih ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat obrolan Anda sebelum tanggal tersebut,” tulis Whatsapp dalam website resminya.

Sementara pada tanggal yang sama, ada beberapa perangkat iPhone yang sudah tidak dapat mengakses Whatsapp terutama iPhone dengan iOS 10 atau yang lebih lama. Whatsapp merekomendasikan pengguna iPhone untuk menggunakan versi terbaru iOS yang tersedia untuk ponselnya dengan mengunjungi situs web Apple Support untuk mempelajari cara memperbaharui perangkat lunak Anda.

Daftar Handphone Yang Tidak Bisa Akses Whatsapp di 2021

Ada dua tipe handphone yang tidak lagi dapat mengakses Whatsapp per tanggal 1 November 2021 yaitu Android dan iPhone. Daftar tipe handphone nya adalah sebagai berikut.

  1. Android
  • Samsung:

Galaxy Trend Lite, Galaxy SII, Galaxy Trend II, Galaxy S3 Mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core, dan Galaxy Ace.

  • ZTE:

Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987, Grand Memo

  • LG:

Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Enact, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD, 4x HD, Optimus F3Q.

  • Sony:

Xperia Miro, Sony Xperia Nero L, Xperia Arc. S

  • Huawei:

Ascend G740,  Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, Ascend D2.

  • Alcatel:

One Touch Evo 7

  • Android Lain:

Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1, THL W8. 

  1. iPhone
  • Apple iPhone SE
    Apple iPhone 6S
  • Apple iPhone 6S Plus

Cara Memperbarui Sistem Android dan iOS

Bagi pengguna Android yang memiliki tipe ponsel yang telah disebutkan diatas, Anda memiliki dua pilihan. Pertama mengganti ponsel Anda dengan ponsel yang baru dan didukung Whatsapp atau melakukan upgrade sistem operasi pada handphone dengan cara sebagai berikut.

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Klik System
  3. Klik Advance
  4. Lalu pilih System Update

Untuk pengguna Android, jika Anda memilih membeli perangkat baru, jangan lupa untuk melakukan pencadangan percakapan di Whatsapp dengan langkah:

Buka Whatsapp > Klik menu tiga titik di kanan atas > Settings > Chat > Chat Backup

Sementara bagi pengguna iPhone, Anda dapat melakukan pembaruan iOS pada perangkat Anda dengan langkah sebagai berikut.

  1. Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak
  2. Layar menampilkan versi iOS yang diinstal saat ini dan apakah pembaruan tersedia
  3. Untuk mematikan pembaruan otomatis, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Sesuaikan Pembaruan Otomatis (atau Pembaruan Otomatis)

Bagi pengguna iPhone, ketika memperbarui perangkat ke iOS terbaru, data dan pengaturan Anda tidak akan berubah jika sebelum Anda memperbarui, Anda mengatur iPhone untuk mencadangkan otomatis atau cadangkan iPhone Anda secara manual.

Penulis: Serafina Indah Chrisanti

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini