Politik Pernyataan Pers Cek Informasi Pembukaan Kebutuhan ASN Nasional 2022

Cek Informasi Pembukaan Kebutuhan ASN Nasional 2022

Ilustrasi Penerimaan ASN Nasional 2022/pdm-asn.bkn.go.id

Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) berencana akan membuka pendaftaran ASN Nasional tahun 2022. Setelah sebelumnya beredar kabar bahwa di tahun ini tidak akan ada pembukaan pendaftaraan ASN, namun Menpan-RB, Azwar Anas mengatakan bahwa pendaftaran ASN akan segera dibuka.

“Saya sudah lihat time tablenya, saya juga sudah pelajari bahwa seharusnya waktu yang mepet ini cukup. Hal ini karena akhir September 2022 sudah harus dimulai untuk rekrutmen PPPKnya,” ujar Azwar Anas.

Dalam laman resmi Menpan-RB, dikatakan bahwa pada tahun 2022 ini pemerintah menetapkan sebanyak 530.028 kebutuhan ASN Nasional. Jumlah ini merupakan total dari kebutuhan 90.690 dari instansi pusat dan 439.338 untuk instansi daerah. Untuk instansi daerah sendiri dibagi yaitu 319.716 PPPK Guru, 92.014 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 27.608 PPPK Tenaga Teknis.

Menteri Anas menguraikan bahwa masalah saat ini yang terjadi adalah ketimpangan pada penyebaran ASN Nasional. Penyebaran tidak merata karena banyak ASN yang berpindah-pindah tempat setelah ditetapkan dan juga minim peminat untuk daerah terpencil. Hal ini menyebabkan penyebaran ASN di daerah tidak merata, padahal Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk memperhatikan daerah di luar Pulau Jawa.

Untuk mengatasi hal tersebut Menteri Anas mengatakan bahwa Menpan-RB telah berkoordinasi dengan BKN untuk membuat peraturan bagi rekrutmen ASN Nasional. Nantinya, ASN yang bekerja di instansi pemerintah harus melakukan perjanjian agar mereka siap tidak dipindah dalam kurun waktu tertentu yang telah disepakati. Sehingga hal tersebut dapat mencegah ASN yang berbondong-bondong pindah ke Pulau Jawa.

Menpan Ungkap Kriteria Pelamar PPPK Pada Rekrutmen ASN Nasional 2022

Rekrutmen pengadaan ASN Nasional pada tahun 2022 ini difokuskan kepada pelayanan dasar seperti guru, tenaga kesehatan, dan juga jabatan pelayanan dasar lainnya. Hal ini sesuai dengan prioritas Presiden Joko Widodo untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Pada tahun 2022 ini, kriteria ASN Nasional pada PPPK guru difokuskan untuk tiga kriteria pelamar yaitu sebagai berikut:

  1. Tenaga Honorer eks THK-II, guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK guru tahun 2021 namun belum mendapatkan formasi.
  2. THK-II, adalah guru honorer yang aktif mengajar sebelum dan sampai tahun 2005
  3. Guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja minimal tiga tahun

Sementara itu seleksi ASN Nasional 2022 akan dilaksanakan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sehingga akan minim kecurangan. Hingga saat ini BKN menyebutkan sudah menerima 4.570 soal SKD CASN yang terdiri dari 4.075 soal seleksi kompetensi PPPK, 2.125 soal manajerial, 1.700 soal sosial kultural, dan 250 soal wawancara.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini