Ilustrasi Pinjol Sebarkan Data Pribadi/heylaw.id

Pernahkan Anda atau orang terdekat Anda mungkin terkena jeratan pinjaman online atau pinjol dan diancam? Hal semacam itu menjadi hal yang umum dan sering terjadi belakangan ini. Banyak orang memilih jalan pintas untuk meminjam uang secara online ketika tidak memiliki uang, kemudian harus menghadapi penagih hutang yang kejam dan suka mengancam. Bahkan mengancam menyebarkan data pribadi. 

Beberapa orang sudah mengalami hal tersebut, data-data pribadinya seperti KTP, KK, atau mungkin dokumen jaminan lain seperti STNK dan BPKB disebar ke media sosial. Tidak hanya disebar, biasanya oknum penagih hutang pinjol ini juga menggunakan kata-kata kasar untuk menyebut para peminjam ini.

Namun saat ini tak perlu khawatir, karena jika Anda merasa terganggu maka Anda dapat melaporkan penagih hutang pinjol ini dan menjeratnya dengan hukum. Hal ini karena menyebar data pribadi tanpa izin bisa dikenai beberapa pasal.

Jerat Hukum Untuk Pinjol Penyebar Data Pribadi

Adapun dalam mengelola data pribadi, setiap penyelenggara sistem elektronik (PSE) wajib menghormati dan menjaga data tersebut. Jika tidak, maka akan ada beberapa pasal dan hukuman yang dapat menjerat seperti:

  1. Pasal 36 Permenkominfo Nomor 20 Tahun 2016

Dimana setiap orang yang memiliki, mengelola, mengolah, menampilkan, mengirimkan, menyebarluaskan data pribadi tanpa hak terkena sanksi administratif berupa peringatan lisan, peringatan tertulis, penghentian sementara kegiatan, dan/atau pengumuman di situs online.

  1. UU ITE Pasal 30 ayat 2 jo Pasal 46 ayat 2

Setiap orang yang mengakses komputer atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan tujuan untuk memperoleh informasi elektronik atau dokumen elektronik dipidana penjara paling lama 7 tahun dan/atau denda paling banyak 700 juta rupiah.

  1. UU Nomor 11 Tahun 2008 Pasal 32 ayat 2 jo Pasal 48 ayat 2 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Setiap orang yang memindahkan atau mentransfer data elektronik secara sengaja tanpa hak dan melawan hukum dipidana penjara paling lama 9 tahun dan/atau denda paling banyak 3 miliar rupiah. 

Itu dia beberapa hukuman yang dapat ditujukan pada pinjol yang berani menyebarkan data pribadi Anda. Tak perlu takut dan jika tidak nyaman, Anda dapat melaporkannya melalui jalur hukum.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini