Informasi Umum Bisnis Gara-Gara Merk, GoTo Digugat Triliunan Rupiah

Gara-Gara Merk, GoTo Digugat Triliunan Rupiah

Logo Gojek-Tokopedia/addiction.id

Perusahaan merger antara PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT. Tokopedia digugat PT. Terbit Financial Technology atas nama merk GoTo. Merk digugat dan sudah terdaftar di pengadilan dengan nomor perkara 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst tertanggal 2 November 2021.

PT. Terbit Financial Technology sebagai pihak penggugat menilai bahwa merk GoTo sama dengan merk GOTO milik perusahaan mereka sehingga merk itu digugat. Bahkan penggugat menjelaskan bahwa merk GOTO mereka sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor IDM000858218.

“Menyatakan merek GOTO, GoTo, dan goto financial memiliki kesamaan dengan merek GOTO milik penggugat,” ujar PT. Terbit Financial Technology dalam gugatannya.

Atas permasalahan tersebut, penggugat meminta hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk menyatakan bahwa penggugat merupakan satu-satunya pemilik dan pemegang hak yang sah atas merk GOTO dan segala variasinya. Tidak hanya itu, GoTo juga digugat untuk membayar kerugian materiil sebesar 1,8 triliun rupiah, kerugian non materiil 250 juta rupiah, dan uang paksa (dwangsom) sebesar 1 miliar rupiah untuk setiap hari keterlambatan melaksanakan putusan perkara ini. 

Gojek-Tokopedia juga diminta menghentikan penggunaan merk GoTo dan segala variasinya. Bahkan pihak penggugat juga meminta pihak Kemenkumham untuk menolak permohonan pendaftaran merk GOTO atau segala variasinya yang diajukan oleh pihak GoTo.

“Menyatakan bahwa putusan ini dapat dijalankan terlebih dahulu walaupun ada bantahan maupun kasasi. Menghukum para tergugat untuk membayar biaya perkara ini,” tulis penggugat dalam petitum gugatan.

Tanggapan Dari GoTo Tentang Merk Mereka Digugat

Atas gugatan merk kepada GoTo, General Affairs GoTo, Astrid Kusumawardhani mengatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui perihal gugatan tersebut. Namun pihak manajemen disebut akan mempelajari mengapa merk mereka digugat terlebih dahulu. Pihak GoTo juga tetap menghormati proses hukum yang tengah berjalan.

“GoTo senantiasa mematuhi peraturan yang ada di Indonesia. Kami juga telah mendaftarkan merk GoTo pada badan/lembaga yang berwenang,” ujar Astrid Kusumawardhani.

Semetara itu, sidang gugatan merk diadakan pada hari ini Selasa, 9 November 2021 pukul 10.00 WIB. Sidang gugatan merk yang berlangsung pada hari ini merupakan sidang perdana yang berlangsung.

Penulis: Serafina Indah Chrisanti

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini