Ilustrasi Instagram Down/apps.apple.com

Malam tadi, banyak pengguna media sosial Instagram di Indonesia mengeluhkan akunnya kena suspend secara tiba-tiba. Pengguna mengeluhkan akun tiba-tiba menghilang padahal mereka tidak melakukan sesuatu. Beberapa juga mengaku akun mereka hilang setelah berkomentar pada sebuah unggahan. Ternyata hal tersebut terjadi karena Instagram down.

Instagram down yang terjadi pada Senin, 31 Oktober 2022 malam lalu diduga disebabkan oleh bug. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pihak Instagram setelah menerima banyak laporan dari para pengguna.

“Kami menyadari bahwa beberapa dari Anda memiliki masalah dalam mengakses akun Instagram. Kami sedang mencoba mencari penyebabnya dan kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis akun resmi Public Relation Instagram di media sosial twitter, @InstagramComms.

Setelah beberapa saat down, pihak manajemen kembali mengumumkan bahwa mereka telah mengatasi permasalahan yang terjadi. Permasalahan akses pada Instagram beberapa orang disebabkan oleh bug. Bug adalah suatu keadaan terjadinya kecacatan atau kerusakan teknis pada aplikasi, sehingga beberapa pengguna tidak dapat login, akunnya ditangguhkan, dan pengikutnya berkurang drastis.

Tidak hanya di Indonesia saja, gangguan pada Instagram juga terjadi pada beberapa belahan dunia yang lain. Sejumlah negara seperti Singapura, Malaysia, negara-negara Eropa, dan sebagian Amerika Serikat mengeluhkan hal yang sama. Terlihat bahwa masalah ini juga banyak terkonsentrasi pada pengguna iPhone.

Sebelum Instagram Down, Whatsapp Juga Pernah Down

Sebelum pengguna mengeluhkan Instagram down pada 31 Oktober 2022, pengguna juga sempat mengeluhkan downnya Whatsapp pada 25 Oktober 2022. Kurang lebih 2 jam para pengguna Whatsapp tidak dapat berkirim pesan maupun menggunakan telepon. Hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari para pengguna.

Setelah 2 jam error, Whatsapp dapat kembali digunakan. Ada beberapa penyebab Whatsapp down pada hari itu, yang pertama adalah kerusakan jaringan. Whatsapp menggunakan beberapa server untuk menyimpan data, sehingga ketika server jaringan tersebut terkena gangguan maka komunikasi antar server juga ikut terganggu.

Selain kerusakan jaringan, diduga juga ada faktor human error dalam terjadinya Whatsapp down. Hal ini dapat terjadi karena petugas IT yang menjalankan software luput perhatiannya hingga menyebabkan downtime di server. Server juga bisa terganggu ketika petugas IT melakukan instalasi software.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini