Ilustrasi Penggunaan Skincare Yang Mengandung Retinol/hellosehat.com

Merawat kecantikan wajah menjadi salah satu hal penting yang dilakukan masyarakat pada masa ini, terutama kaum perempuan. Untuk mengoptimalkan perawatan pada wajah, banyak perempuan sekarang menggunakan skincare. Produk perawatan kulit tersebut saat ini banyak sekali kita jumpai, dari berbagai merek hingga berbagai kandungan didalamnya.

Produk-produk skincare berlomba untuk menawarkan kandungan terbaik untuk merawat kulit. Salah satu kandungan yang sering digunakan pada skincare adalah retinol. Menurut Harvard Medical School, retinol atau yang memiliki nama lain retinoid adalah zat yang dibuat dari vitamin A. Zat ini memiliki manfaat untuk kulit diantaranya:

  1. Menghilangkan milia, benjolan kecil yang ada di dahi, hidung, dan sekitar mata
  2. Mengendalikan gejala psoriasis (peradangan pada kulit, membuat kulit bersisik)
  3. Mengobati dan mencegah jerawat
  4. Mencegah keriput dan garis halus, memudarkan flek hitam karena penuaan

Cara Tepat Gunakan Retinol

Dengan banyak manfaat tersebut, tentu orang berlomba untuk mencari skincare yang mengandung retinol. Sayangnya, ternyata pemakaian produk skincare yang mengandung retinol ini tidak boleh sembarangan. Harus ada batasannya dan cara yang tepat agar tidak mengiritasi kulit. Bagaimana caranya?

  1. Gunakan Secukupnya

Jangan gunakan retinol terlalu banyak. Untuk yang pertama kali memakainya, pakai mulai dari yang konsentrasinya rendah. Jika kulit sudah terbiasa, baru Anda boleh tingkatkan pemakaian pada konsentrasi yang lebih tinggi.

  1. Jangan Pakai Pada Kulit Yang Basah

Jika biasanya pemakaian produk skincare dianjurkan untuk menggunakan toner atau menghidrasi kulit, hal ini tidak berlaku pada retinol. Jika digunakan dalam kulit yang lembab atau basah, justru akan membuat kulit Anda iritasi. Sebaiknya, gunakan skincare yang mengandung retinoid ini setelah menggunakan moisturizer, kemudian lapisi dengan moisturizer lagi. Metode ini disebut metode sandwich.

  1. Lebih Baik Digunakan Saat Malam Hari

Menurut riset, retinol merupakan zat yang photolabile yaitu zat yang kandungannya bisa pecah atau rusak saat terkena sinar matahari langsung. Maka dianjurkan menggunakan skincare dengan retinoid pada malam hari. Jika ingin menggunakannya pada pagi hari, pastikan setelahnya Anda mengaplikasikan sunscreen dengan minimal SPF 30 pada kulit untuk mencegah efek samping.

Itu dia beberapa cara tepat untuk menggunakan produk skincare yang mengandung retinol. Untuk merawat kulit dari luar, pastikan sebelumnya Anda mengenal kandungan skincare yang ada didalamnya terlebih dahulu ya!

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini