Masjid Jakarta Islamic Center yang Mengalami Kebakaran/dinsos.jakarta.go.id

Kebakaran melanda Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara pada Rabu, 19 Oktober 2022. Api pertama terlihat pada pukul 15.00 WIB dari lantai tiga sisi barat kubah masjid, namun angin yang kencang menyebabkan api cepat menyebar ke bagian kubah lainnya. Kemudian peristiwa kebakaran ini dilaporkan ke pemadam kebakaran setempat pada pukul 15.24 WIB.

Petugas pemadam kebakaran yang menerima laporan langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Sebanyak 21 unit mobil pemadam kebakaran dengan 105 personil dikerahkan untuk memadamkan api. Setelah melakukan pendinginan, api dinyatakan berhasil dipadamkan pada pukul 18.35 WIB.

“Kebakaran terjadi setelah shalat Ashar dan pertama kali api membakar sisi barat kubah Masjid. Kurang dari satu jam kubah Jakarta Islamic Center roboh, hal ini disebabkan oleh beratnya beban 12 lampu kipas khas Betawi dengan berat hampir satu ton,” ujar Humas JIC, Paimun Karim.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran Jakarta Islamic Center ini. Saat pertama terlihat api, orang-orang yang sedang berada di lantai satu langsung keluar untuk menyelamatkan diri. Selain itu dokumen-dokumen dan perangkat komputer dari pengelola Masjid JIC juga berhasil diamankan ke Perpustakaan di Gedung Sosial Budaya.

Dugaan Penyebab Kebakaran Jakarta Islamic Center

Kebakaran yang terjadi di Jakarta Islamic Center sementara ini diduga disebabkan karena proses renovasi yang sedang dikerjakan di bagian kubah masjid. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI menyebut awalnya ada beberapa pekerja yang memasang triplek kubah masjid, mereka melelehkan membran (aspal gulung) untuk merekatkannya.

“Untuk menempelkan bahan atap tersebut digunakan alat bakar. Percikan api diduga pertama keluar dari alat bakar tersebut dan mengenai bahan lain yang mudah terbakar sehingga timbul api,” ujar Dinas Gulkarmat DKI Jakarta.

Dinas Gulkarmat menyebut bahwa para pekerja sempat menggunakan APAR untuk memadamkan api. Namun, api semakin membesar dan tidak dapat dihindarkan. Saat ini polisi masih mendalami penyebab kebakaran JIC dan belum memberikan keterangan resmi. Polisi juga sudah mengamankan empat pekerja yang saat kejadian sedang melakukan renovasi.

“Saat ini empat pekerja sudah diamankan di Polres untuk dimintai keterangan. Kami akan meminta keterangan perihal SOP renovasi dan dugaan api yang berasal dari pekerjaan renovasi tersebut. Selain pekerja, kami juga akan meminta keterangan dari pengelola masjid,” ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Wibowo.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini