Ilustrasi Kebakaran Grand Indonesia/pixabay.com

Lantai 10 gedung Mall Grand Indonesia (GI) mengalami kebakaran pada Minggu, 18 September 2022 sekitar pukul 11.45 WIB. Kebakaran diduga berasal dari panel listrik yang ada pada gedung tersebut kemudian menimbulkan asap. Kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh pegawai bagian dapur yang melihat kepulan asap dari panel listrik. Asap disebut muncul di setiap lantai sehingga pengunjung mall langsung dievakuasi.

“Kebakaran terjadi di lantai 10 dekat dengan area parkir kendaraan, bukan di pusat perbelanjaan jadi tidak ada tenant. Diduga kebakaran karena korsleting panel listrik. Ada sebanyak 7 unit mobil pemadam kebakaran dan 28 personel yang diturunkan untuk mengatasi keadaan yang terjadi,” ujar Petugas Piket Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Fajar.

Keterangan tambahan disampaikan oleh Kepada Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal. Asril mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari Mall Grand Indonesia pada pukul 11.55 WIB. Sepuluh menit kemudian petugas pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi dan langsung melakukan penanganan.

Sekitar pukul 13.10 WIB api berhasil dipadamkan, namun petugas pemadam kebakaran disebut sempat mengalami kesulitan. Hal tersebut dikarenakan adanya asap yang tebal dan pencahayaan yang kurang pada area panel listrik yang terbakar. Meskipun begitu, disebut bahwa tidak ada pengunjung Mall Grand Indonesia yang mengalami cedera atau luka-luka.

Pernyataan Pihak Mall Grand Indonesia

Sementara itu pernyataan yang sedikit berbeda dikeluarkan oleh pihak manajemen Mall Grand Indonesia. Corporate Communication Grand Indonesia, Annisa Hazarini menyebutkan bahwa kepulan asap yang terjadi pada hari Minggu yang lalu bukan asap yang berasal dari objek terbakar.

“Sebenarnya tidak ada kebakaran seperti yang diberitakan. Hanya ada gangguan pada panel listrik kami, yang menyebabkan asap keluar cukup banyak. Posisi panel yang tertutup membuat asap mengumpul banyak dan asapnya keluar memasuki koridor-koridor mall,” ujar Annisa.

Annisa menambahkan bahwa setelah kejadian, pihak Mall Grand Indonesia langsung melakukan evakuasi kepada para pengunjung dan memanggil damkar untuk mengatasi kepulan asap yang terjadi. Akibat kejadian ini, West Mall GI ditutup sementara sedangkan East Mall GI tetap buka karena tidak terkena dampak.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini