Keamanan Manajer Indomaret Pukul Kasir Wanita di Pekanbaru, Apa Masalahnya?

Manajer Indomaret Pukul Kasir Wanita di Pekanbaru, Apa Masalahnya?

Ilustrasi Pemukulan Manajer Indomaret Terhadap Kasirnya/pixabay.com

Sebuah video sedang viral baru-baru ini di media sosial. Sayangnya video viral tersebut menunjukkan kekerasan yang dilakukan seorang manajer Indomaret terhadap pegawai wanitanya. Seperti yang dibagikan oleh akun Twitter @ZaenalA64270427. Dalam video tersebut terlihat bahwa sang manajer tiba-tiba memukul seorang kasir wanita yang sedang bekerja.

Belakangan diketahui kejadian pemukulan tersebut terjadi di Indomaret Soekarno-Hatta 29, Pekanbaru, Riau pada 20 Februari 2022 silam dan terekam dalam CCTV. Setelah ditelusuri, penyebab pemukulan ini ternyata adalah masalah asmara pribadi. Diketahui, sang Junior Manajer Franchise dan kasir tersebut menjalin hubungan asmara sejak tahun 2021.

“Menanggapi pemberitaan di media mengenai adanya kekerasan di toko cabang Pekanbaru, hal tersebut benar adanya. Dalam pengakuannya, pelaku dan korban telah menjalin hubungan pribadi sejak tahun 2021,” ujar Public Relation PT. Indomarco Prismatama (Indomaret), Anna Nenny Kristyawati.

Nenny menambahkan bahwa pemukulan yang terjadi tidak ada kaitannya dengan masalah pekerjaan. Meskipun begitu, manajemen Indomaret tetap menentang adanya kekerasan yang terjadi di wilayah kerja karena hal tersebut merupakan pelanggaran tingkat 6 di perusahaan dengan sanksi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi yang melanggar.

Dalam peraturan perusahaan dijelaskan bahwa karyawan dilarang kerjas melakukan perbuatan mengancam, menyerang, memukul, melakukan intimidasi atau penghinaan secara verbal maupun non verbal terhadap perusahaan, atasan, pejabat perusahaan, sesama karyawan atau orang lain di perusahaan baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Manajer Indomaret dan Kasir Berdamai

Setelah viral video pemukulan yang dilakukan oleh manajer Indomaret cabang Pekanbaru tersebut, perusahaan akhirnya mengambil langkah. Nenny mengatakan bahwa perusahaan sudah memanggil kedua pihak yang berseteru. Dalam pertemuan, keduanya mengakui kebenaran video tersebut dan sepakat menempuh jalan damai untuk menyelesaikan permasalahan pribadi mereka.

“Dalam kasus seperti ini, perusahaan menyediakan platform aduan resmi untuk karyawan jika karyawan mendapat perlakuan tidak menyenangkan. Ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan untuk terus menjaga kenyamanan karyawan dalam bekerja di Indomaret sehingga dapat selalu melayani masyarakat,” ujar Nenny.

Sayangnya setelah kasus ini mereda dengan perdamaian, muncul sebuah kabar di media sosial bahwa sang kasir yang dipukul dipaksa untuk resign setelah viralnya kejadian tersebut. Salah satu kabar dibagikan oleh akun Twitter pada Kamis, 24 Maret 2022. Namun benar tidaknya kabar tersebut belum dikonfirmasi oleh pihak terkait.

Penulis: Serafina Indah Chrisanti

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini