Ilustrasi Saham Dalam Portepel/id.pngtree.com

Dalam dunia jual beli saham, ada berbagai tipe saham yang ada di dalam pasar modal. Salah satunya adalah saham dalam portepel (unissued shares). Saham dalam portepel adalah saham yang termasuk dalam authorized shares yang belum ditetapkan oleh perusahaan. Status yang belum diterbitkan ini membuat saham tidak bisa dimiliki oleh siapapun dan tidak memiliki hak baik dividen maupun voting.

Dengan kata lain Unissued Shares merupakan saham simpanan sebuah Emiten. Biasanya Penawaran Umum Perdana saham melalui pengeluaran Saham Seri A baru dari dalam simpanan (portepel) Emiten akan mencatatkan seluruh saham yang dikeluarkan oleh Emiten pada BEI atau bursa efek pada yurisdiksi lain. Tentunya tetap tunduk kepada undang-undang.

Sederhananya, ketika sebuah perusahaan go public maka perusahaan akan mengizinkan sejumlah saham untuk dibuat piagam atau anggaran dasar. Saham inilah yang disebut sebagai saham resmi, saham ini dapat diperjualbelikan kepada investor dan dikeluarkan untuk karyawan. 

Selain itu perusahaan juga memiliki saham yang tidak diterbitkan, yang disebut dengan saham dalam portepel. Saham ini memang tidak memiliki syarat untuk hak suara dan dividen, namun hal ini dapat berubah karena saham mewakili kemungkinan dilusi nilai kepemilikan pemegang saham yang ada. 

Sebuah contoh ada pada PT. GoTo Gojek Tokopedia. Dalam PT GoTo Gojek Tokopedia, perusahaan mengkonversi seluruh sahamnya menjadi dua kelas. Kelas pertama adalah Saham Seri A yang terdiri dari Saham Seri A, Saham Seri B, Saham Seri C, Saham Seri D, Saham Seri E, Saham Seri F, Saham Seri G, Saham Seri H, Saham Seri I, Saham Seri J, Saham Seri K, Saham Seri L, Saham Seri M, Saham Seri P, Saham Seri Q, Saham Seri S, Saham Seri T, Saham Seri U, Saham Seri V, Saham Seri X, Saham Seri W, Saham Seri Y, Saham Seri AA, Saham Seri BB, Saham Seri CC, dan Saham Seri DD dengan nominal Rp 1 per saham.

Sementara kelas kedua adalah Saham Seri B yang terdiri dari Saham Seri N, Saham Seri O, dan Saham Seri R yang masing-masing memiliki nilai nominal Rp 1 per saham dengan hak suara multipel yang memiliki nominal Rp 1 per saham.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini