Penderita Bipolar/alodokter.com

Tak jarang beberapa orang mengalami gangguan psikologis karena berbagai masalah yang dihadapi. Salah satu gangguan psikologis yang ramai dibatas saat ini adalah bipolar atau gangguan kepribadian. Menurut penelitian dari WHO, sebanyak 45 juta orang di dunia mengalami gangguan kepribadian pada tahun 2017. 

Bipolar sendiri merupakan gangguan mental yang menyebabkan penderitanya mengalami perubahan mood yang ekstrim. Kondisi ini akan menyebabkan penderitanya mengalami fase sangat bahagia (mania) menjadi sangat sedih (depresi) secara drastis. Keadaan ini dapat mempengaruhi penderitanya dalam hal produktivitas dan juga hubungan dengan orang lain.

Hingga saat ini penyebab gangguan kepribadian belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa hal yang diduga dapat menjadi penyebab seperti:

  1. Memiliki saudara kandung atau orang tua yang memiliki kondisi serupa atau genetik
  2. Perasaan stress atau trauma karena peristiwa tertentu seperti kematian anggota keluarga terdekat
  3. Kecanduan minuman beralkohol dan juga obat-obatan terlarang

Biasanya ketika seseorang mengalami bipolar disorder, ada beberapa gejala fase bahagia (mania) yang mengikuti seperti terlalu bahagia dan bersemangat, kurang tidur, mudah tersinggung, berpikir dapat melakukan berbagai hal sekaligus, berbicara dengan sangat cepat dan cepat mengubah topik, dan sering membuat keputusan yang buruk.

Sementara itu pada fase sedih (depresi) ada beberapa gejala yang mengikuti seperti sangat sedih dan merasa khawatir, tidak bersemangat melakukan kegiatan sehari-hari, sedikit makan, sulit berkonsentrasi, bahkan beberapa ada yang memiliki keinginan bunuh diri.

Cara Pengobatan Pada Penderita Bipolar

Bipolar disebut sebagai penyakit seumur hidup, sehingga dibutuhkan beberapa pengobatan untuk membantu penderitanya tetap dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lancar. Ada beberapa perawatan yang direkomendasikan para ahli seperti:

  1. Psikoterapi

Ini adalah teknik pengobatan untuk membantu seseorang mengelola dan mengubah emosi, perilaku, dan pikiran yang mengganggu. Dengan menjalani psikoterapi, penderita dan keluarga terdekatnya dapat diajak ngobrol dari hati ke hati untuk mengatasi gangguan psikologis tersebut.

  1. Menggunakan Obat

Ada beberapa jenis obat-obatan yang digunakan untuk penderita seperti antidepresan, antipsikotik, dan penstabil suasana hati. Beberapa penderita terkadang juga mengalami susah tidur sehingga dokter juga meresepkan obat tidur.

  1. Transcranial Magnetic Stimulation (TMS)

TMS adalah sebuah terapi menggunakan gelombang magnetik. Hal ini digunakan untuk menstimulasi otak, namun peran terapi ini dalam pengobatan bipolar masih diteliti lebih lanjut.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini