Ilustrasi Jasa Kustodian/seputarforex.com

Undang Undang Pasar Modal (UUPM) mengatur banyak hal mengenai aktivitas jual beli saham di pasar modal. Ada banyak pihak dan jasa yang dibutuhkan untuk memperlancar aktivitas tersebut. Salah satu jasa yang dibutuhkan adalah jasa kustodian yang artinya adalah jasa untuk menitipkan efek dan harta lain yang berkaitan dengan Efek dan jasa lain. 

Jasa kustodian juga termasuk jasa untuk menerima dividen, bunga, dan hak lain lain, serta menyelesaikan transaksi Efek dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya. Pihak yang menyediakan jasa kustodian disebut Kustodian. Selain kustodian, di Indonesia kegiatan ini juga dapat dilakukan oleh Bank yang telah mendapat persetujuan dari OJK dan disebut Bank Kustodian.

Di Indonesia sendiri, kegiatan jasa ini diawasi oleh sebuah lembaga regulator yang bersifat mandiri yaitu Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). KSEI sendiri menjalankan perannya dan berfokus pada pelayanan penyediaan jasa kustodian sentral. Selain itu, KSEI juga memiliki kewenangan dalam melakukan kegiatan penyelesaian transaksi efek.

Aktivitas KSEI Dalam Mengelola Jasa Kustodian

Sebagai lembaga regulator yang mengawasi penyelenggaraan jasa kustodian, ada beberapa aktivitas yang dilakukan oleh KSEI untuk mengelolanya yaitu sebagai berikut:

  1. Deposit Dana/Efek
  • Deposit efek merupakan aktivitas pendepositan Efek ke dalam C-BEST yang dilakukan dengan cara melaksanakan konversi fisik efek atau dilakukan secara langsung dari perolehan IPO
  • Deposit dana adalah aktivitas untuk mencatatkan posisi dana pada rekening efek, dengan cara pemegang rekening harus membuka rekening di salah satu Bank pembayar yang sudah ditunjuk KSEI
  1. Penarikan Efek

Penarikan efek dari bentuk elektronik ke sertifikat efek atas nama investor dapat dilakukan oleh pemegang rekening atas permintaan investor ke KSEI. Efek yang sudah ditarik menjadi bentuk sertifikat tidak dapat ditransaksikan di Bursa Efek. Jika ingin ditransaksikan maka investor harus mendepositkannya kembali ke dalam bentuk elektronik.

  1. Rekonsiliasi Efek/Dana

Rekonsiliasi dilakukan oleh KSEI untuk menjamin bahwa saldo Efek dan dana yang tercatat di rekening efek dalam C-BEST selalu cocok dengan catatan saldo pada institusi lain yang terkait. Untuk rekonsiliasi efek KSEI akan melakukan rekonsiliasi dengan Emiten, sementara rekonsiliasi dana dilakukan KSEI dengan bank pembayaran.

Penulis: Serafiina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini