Politik Paspor Masa Berlaku 10 Tahun Mulai Terbit Hari Ini, Cek Aturannya

Paspor Masa Berlaku 10 Tahun Mulai Terbit Hari Ini, Cek Aturannya

Ilustrasi Paspor Dengan Masa Berlaku 10 Tahun/imigrasi.go.id

Direktorat Jenderal Imigrasi telah menetapkan paspor dengan masa berlaku 10 tahun akan terbit mulai 12 Oktober 2022. Pergantian masa berlaku paspor ini sejalan dengan aturan Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 18 tahun 2022 Pasal 2A. Plt Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana meminta masyarakat untuk memberikan dukungan dan saran selama masa transisi aturan masa berlaku ini.

Dalam Pasal 2A Permenkumham Nomor 18 Tahun 2022 disebutkan bahwa masa berlaku paspor 10 tahun hanya diberikan kepada WNI yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Sementara itu diluar kategori tersebut, paspor diberikan tetap untuk jangka waktu 5 tahun. Untuk skema biayanya sendiri sedang dibahas oleh Dirjen Imigrasi.

“Aturan mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) masih sedang dalam proses pembahasan. Untuk sementara ini, masyarakat masih membayar dengan biaya yang sama seperti sebelumnya yaitu Rp 350.000 untuk paspor biasa non elektronik dan Rp 650.000 untuk paspor biasa elektronik,” ujar Widodo.

Pembahasan mengenai masa berlaku paspor ini sudah dibahas dalam rapat bersama Dirjen Imigrasi, Unit Pelaksana Teknis Imigrasi se-Indonesia, dan pejabat imigrasi lain. Dirjen Imigrasi menegaskan bahwa paspor dengan masa berlaku 10 tahun tidak berlaku bagi paspor yang diterbitkan sebelum tanggal pengimplementasian Permenkumham 18/2022.

Aturan Paspor Dengan Masa Berlaku 10 Tahun

Ada beberapa aturan dan petunjuk teknis yang digunakan dalam implementasi paspor dengan masa berlaku 10 tahun. Berikut adalah beberapa aturannya:

  1. Paspor dengan masa berlaku yang baru diberlakukan untuk seluruh jenis paspor biasa
  2. Pemberlakuan masa berlaku paspor yang baru diperuntukkan bagi WNI yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah
  3. Subjek diluar kategori tersebut tetap diberikan paspor dengan masa berlaku 5 tahun
  4. Pemberlakuan masa berlaku paspor biasa bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk memilih kewarganegaraan dengan simulasi:
  • Anak berkewarganegaraan ganda berusia 18 tahun 6 bulan, sisa 2 tahun 6 bulan sampai usia 21 tahun  diberikan paspor dengan masa berlaku 2 tahun
  • Anak berkewarganegaraan ganda berusia 20 tahun 6 bulan, sisa 6 bulan sampai usia 21 tahun, ditunda pemberian paspornya sampai memilih kewarganegaraan
  1. Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia pertama kali diberlakukan biaya paspor nol rupiah dengan masa berlaku paling lama 10 tahun disertai surat rekomendasi dari instansi terkait 

Baca juga: Cara Membuat Paspor Secara Online Melalui M-Paspor

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini