Global Indonesia Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Ditutup Hari Ini, Berikut Cara Pendaftarannya

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Ditutup Hari Ini, Berikut Cara Pendaftarannya

Ilustrasi Kartu Prakerja/rri.co.id

Kartu Prakerja merupakan salah satu program kebijakan penanganan Covid-19 untuk tenaga kerja. Penjelasan mengenai Kartu Prakerja tertuang dalam Kajian Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ketenagakerjaan di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia. Sasaran dari Kartu Prakerja yang utama adalah pekerja yang mengalami PHK, pekerja informal, dan pelaku UKM yang terdampak Covid-19. 

Program Kartu Prakerja ini mengalami refocusing tujuan. Pada awal perencanaannya pada tahun 2019, program Kartu Prakerja bertujuan pada peningkatan kompetensi. Namun sejak adanya pandemi Covid-19, tepatnya saat diluncurkan pada tanggal 11 April 2020, program kartu prakerja memiliki tujuan tambahan untuk membantu daya beli pekerja dan pelaku usaha kecil/mikro yang terdampak Covid-19. 

Menurut survei mandiri setelah satu tahun program Kartu Prakerja berjalan, adanya kartu prakerja ini sangat diminati karena ada sebanyak 43,8 juta pendaftar kartu prakerja dan 5,5 juta penerima kartu prakerja. Selain itu program Kartu Prakerja ini dikatakan berdampak positif karena 90% penerima Kartu Prakerja akan melampirkan sertifikat pelatihan Kartu Prakerja untuk mendaftar pekerjaan, 88,9% penerima Kartu Prakerja mengatakan pelatihan Kartu Prakerja dapat meningkatkan keterampilan kerja.

Atas keberhasilan tersebut, pemerintah terus berupaya melanjutkan program Kartu Prakerja. Termasuk untuk bulan Juni 2021 ini akhirnya pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 17 kembali dibuka mulai hari Sabtu, 5 Juni 2021 pukul 12.00 WIB. Kartu prakerja gelombang 17 ini memiliki kuota untuk 44.000 peserta. Hal tersebut dibenarkan oleh Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu. 

“Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 kembali dibuka hari ini Sabtu, 5 Juni 2021 pukul 12.00 WIB. Pada gelombang ini, kuota yang disediakan adalah 44.000. Jumlah ini diambil untuk memulihkan kepesertaan yang sempat dicabut atau gugur pada gelombang 12 sampai gelombang 16,” kata Louisa pada Sabtu, 5 Juni 2021 pada beberapa media.

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja

Agar Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dan subsidi dari Kartu Prakerja, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran kartu prakerja dapat Anda lakukan melalui situs resmi https://www.prakerja.go.id/ dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pastikan Anda adalah WNI, minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.
  2. Pilih opsi masuk pada pojok kanan atas halaman website prakerja, lalu buat akun. Setelah masuk ke dashboard akun Anda harus melakukan verifikasi KTP dengan mengisi NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. 
  3. Berikutnya Anda harus mengisi data diri secara lengkap dan mengunggah foto KTP.
  4. Lalu lakukan verifikasi nomor handphone, pastikan nomor handphone yang Anda gunakan adalah nomor yang terhubung dengan beberapa aplikasi pembayaran digital seperti DANA atau OVO dan dapat menerima SMS.
  5. Isi pernyataan pendaftar lalu jika sudah selesai, klik oke.
  6. Setelah itu Anda harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. 
  7. Setelah hasil tes selesai dievaluasi, Anda harus memilih gelombang yang sesuai dengan domilisi Anda, lalu klik gabung.
  8. Isi kartu persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pertanyaan dan pernyataan untuk menyetujui lanjut ke tahap berikutnya.
  9. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu hasil pendaftaran Anda dievaluasi. Pengumuman lolos/tidaknya akan diberikan melalui SMS setelah penutupan gelombang.

Penulis: Serafina Indah Chrisanti

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini