Alat Penunjang Surveillance System/mii.co.id

Untuk melakukan fungsi pengawasan dan pengamatan pada suatu tempat atau kejadian, dibutuhkan sebuah sistem. Di jaman yang semakin canggih ini, fungsi tersebut dapat dijalankan dengan surveillance system. Sistem ini berfungsi untuk mengontrol semua kegiatan di sebuah tempat tertentu secara visual (audio visual), biasanya menggunakan alat berupa kamera. 

Biasanya sistem ini digunakan untuk memantau suatu lokasi yang sulit dijangkau. Surveillance system menggunakan beberapa alat penunjang seperti:

  1. CCTV
    CCTV berfungsi untuk menangkap dan mengambil gambar dan merubahnya menjadi sinyal listrik. Biasanya CCTV dipasang di tempat-tempat yang ingin diamati. Sekarang teknologi CCTV pun sudah semakin canggih, ada CCTV yang sudah dapat diamati dari berbagai tempat meskipun sedang jauh dari tempat dipasangnya.
  1. Digital Video Recorder (DVR)

Alat ini menjadi salah satu penunjang surveillance system. DVR membuat sebuah gambar dari CCTV bisa dilihat dari berbagai tempat dan sudah di set-up sehingga memudahkan pengguna dapat meremote gambar yang dikirim. Dengan teknologi ini, seluruh data dari CCTV dapat diubah menjadi data digital.

Alat-alat ini biasanya terintegrasi pada kamera, video recorder, dan monitor dalam sebuah jaringan online atau bisa juga diimplementasikan secara manual.

Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADSB)

Automatic Dependent Surveillance Broadcast adalah sebuah teknik pengawasan kooperatif yang digunakan dalam pengelolaan ruang lalu lintas udara dan aplikasi yang terkait lainnya. Teknik ADSB ini merupakan kombinasi dari global positioning system (GPS) sehingga dapat memantau posisi, kecepatan, arah angin, dan ketinggian pesawat.

Alat Surveillance Broadcast ini disebut lebih baik dari radar dan biasanya dipasang di pesawat ataupun stasiun darat. Dengan surveillance system ini, pemerintah dapat memantau pesawat dan juga menampilkan lalu lintas udara. Data-data penerbangan dipancarkan melalui satelit GPS, via transponder yang ditangkap stasiun base darat untuk diteruskan kepada ATC.

Sistem ini disebut lebih baik daripada radar karena informasi mengenai pesawat, posisi, kecepatan, arah angin lebih akurat. ACT juga merasa lebih terbantu dalam mengendalikan penerbangan di dalam suatu ruang udara dan menjadi elemen yang kritikal dalam koordinasi antar flight. Dengan surveillance broadcast, semua hal yang penting dalam elemen penerbangan dapat dicapai.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini