Global Indonesia Pengumuman Seleksi PPPK Guru Tahap I Sudah Keluar, Cek Disini!

Pengumuman Seleksi PPPK Guru Tahap I Sudah Keluar, Cek Disini!

Ilustrasi Peserta Seleksi CPNS 2021/katadata.co.id

Hari ini hasil seleksi PPPK Guru Tahap I resmi diumumkan. Pengumuman disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Kepegawaian Negara (BKN). Berdasarkan hasil penilaian, sebanyak 173.329 guru honorer lulus ujian seleksi pertama. Program seleksi PPPK ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

“Dengan status sebagai ASN PPPK, guru honorer yang diangkat memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengikuti program peningkatan kompetensi. Sehingga akan berimbas pada peningkatan kualitas pengajaran yang diterima oleh pelajar-pelajar di Indonesia,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim pada sambutanya.

Dalam seleksi ASN PPPK Guru pada tahun ini, pemerintah menyediakan 1.002.616 formasi. Dari kuota tersebut, pemerintah daerah mengajukan sebanyak 500.000 formasi yang telah disepakati dengan pemerintah pusat. 

Selain itu pada tahun ini, ada kebijakan afirmasi dan penyesuaian nilai ambang batas sebagai dukungan pada peserta seleksi PPPK Guru. Kebijakan afirmasi yang merupakan tambahan nilai yang diberikan adalah sebagai berikut.

  1. Sertifikat pendidik mendapatkan afirmasi 100%.
  2. Usia diatas 35 tahun mendapatkan afirmasi 15%.
  3. Penyandang disabilitas mendapatkan afirmasi 10%.
  4. Guru honorer THK-II mendapatkan afirmasi 10%.

“Mewakili Kemendikbud Ristek kami menyampaikan selamat dan apresiasi untuk para guru honorer yang dinyatakan lulus seleksi pertama dan mendapatkan formasi,” ujar Mendikbud.

Mendikbud menambahkan bahwa lulusnya para peserta ini adalah gerbang baru untuk bergerak bersama memajukan SDM yang unggul. Mendikbud juga menitipkan pesan kepada peserta yang belum lulus untuk tidak berkecil hati. Seleksi ASN PPPK masih dibuka untuk seleksi kedua dan ketiga pada Oktober dan November tahun ini.

Cara Melihat Hasil PPPK Tahap I

Ada tiga cara untuk melihat hasil seleksi PPPK Guru Tahap I yang dapat Anda lakukan. Tiga cara tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Melalui kanal YouTube Kemendikbud RI pada Jumat, 8 Oktober 2021.
  2. Melalui website https://sscasn.bkn.go.id/, dengan cara:
  • Login akun SSCASN 2021
  • Masukkan NIK dan password yang digunakan sebelumnya untuk melakukan pendaftaran
  • Pilih opsi masuk lalu akan terlihat pengumuman lulus atau tidaknya peserta
  1. Melalui tautan https://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/, dengan cara:
  • Masukkan NIK dan Nomor Peserta
  • Masukkan hasil penjumlahan angka yang akan muncul di halaman tautan
  • Lalu klik “Cari” maka akan muncul pengumuman lulus atau tidaknya peserta

Pengumuman kelulusan seleksi PPPK Guru Tahap I sudah dapat dilihat oleh peserta mulai tanggal 8 Oktober 2021 pukul 12.00 WIB.

Penulis: Serafina Indah Chrisanti

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini