Ilustrasi Akuntan Publik/ketik.unpad.co.id

Banyak pihak yang terlibat dalam aktivitas jual beli saham di Pasar Modal, salah satunya adalah Akuntan Publik. Akuntan Publik adalah seorang yang telah memperoleh izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntansinya kepada masyarakat berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2011. 

Ada beberapa jasa yang ditawarkan oleh seorang Akuntan Publik seperti:

  1. Jasa reviu atas informasi keuangan historis
  2. Jasa audit atas informasi keuangan historis
  3. Jasa asurans lainnya

Selain itu, akuntan ini juga dapat memberikan jasa yang lain seperti pemeriksaan pada keuangan dan hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi dan juga manajemen sebuah perusahaan.

Biasanya para Akuntan Publik ini bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) atau mendirikan KAP sendiri secara independen. Hal ini dapat dilakukan asal para akuntan publik ini memenuhi persyaratan seperti merupakan warga NKRI, memiliki sertifikat lulus ujian profesi akuntan publik yang sah, berpengalaman praktik memberikan jasa, menjadi anggota dalam Asosiasi Profesi Akuntan Publik yang ditetapkan Menteri, dan masih banyak lagi.

Tugas yang diemban oleh para Akuntan Publik dalam membantu dan mengelola sebuah perusahaan juga cukup berat. Mereka membantu perusahaan untuk memeriksa laporan keuangan, menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan untuk kepentingan perpajakan, dan memberikan konsultasi manajemen.

Peran Akuntan Publik Dalam Pasar Modal dan IPO

Untuk menjaga keberlangsungan operasionalnya, sebuah perusahaan atau Emiten yang memenuhi syarat dapat menjual saham kepada masyarakat umum atau publik. Keadaan ini sering disebut sebagai Initial Public Offering (IPO). Namun, perusahaan tidak boleh sembarangan menjual sahamnya kepada publik dan disinilah peran Akuntan Publik berjalan.

Di dalam pasar modal, perusahaan yang ingin melakukan IPO harus mendapatkan pendapat wajar (unqualified) terhadap laporan keuangan dari perusahaan yang akan menerbitkan saham baru atau terdaftar di Bursa. Pendapat wajar artinya, laporan keuangan sudah disusun berdasarkan standar akuntansi keuangan yang ditetapkan Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) tanpa catatan/kekurangan/kesalahan material.

Disinilah peran Akuntan Publik sangat dibutuhkan. Akuntan Publik akan membantu perusahaan untuk melakukan audit keuangan perusahaan sesuai standar yang telah ditetapkan. Mereka akan memastikan bahwa hasil audit keuangan bagus, karena hasil audit keuangan yang bagus akan menjadi pertimbangan masyarakat untuk menaruh investasinya di perusahaan tertentu yang membuka IPO.

Tidak hanya itu, Akuntan Publik juga berperan sebagai lembaga keuangan yang bisa memberikan saran atas jenis investasi yang akan menguntungkan ketika masyarakat ingin berinvestasi di sebuah perusahaan. Dengan begitu, seorang Akuntan Publik harus menyadari bahwa tugasnya harus dapat mementingkan dan mengutamakan kepentingan publik.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini