Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Jembrana, Bali/bnpb.go.id

#PrayForBali menjadi trending di media sosial Twitter pada hari ini. Banyak warganet yang menggunakan hastag tersebut untuk mendoakan dan juga menggalang dana pasca Bali dilanda bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. Banjir bandang terparah terjadi di Kabupaten Jembrana pada 17 Oktober 2022. 

Insiden banjir bandang ini terjadi tepatnya di Banjar Yeh Buah, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo. Banjir bandang terjadi setelah kawasan tersebut diguyur hujan yang tak henti-henti sejak 16 Oktober 2022 hingga 17 Oktober 2022 pukul 18.00 WITA. Ada kecamatan lain yang juga terdampak yaitu Kecamatan Jembrana, Kecamatan Melaya, dan Kecamatan Negara.

“Banjir melanda sejumlah desa di empat kecamatan. Menurut data hingga saat ini ada 117 KK di Bilukpoh, Kelurahan Tegalcangkring dan 45 unit rumah disana yang terdampak. Untuk tingkat kerusakan rumah, masih diidentifikasi oleh BPBD,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin.

Bencana hidrometeorologi yang terjadi di Kabupaten Jembrana, Bali ini juga menyebabkan jembatan penghubung antara Kelurahan Tegalcangkring dan Desa Penyaringan terputus. Sempat tidak bisa dilewati oleh kendaraan, kabarnya saat ini sudah diperbaiki dan sudah dapat dilewati. Tidak hanya itu, pasca banjir bandang banyak kayu dan sampah yang terbawa banjir ke jalanan sehingga menyebabkan macet di jalur Gilimanuk-Denpasar.

Akibat bencana hidrometeorologi ini, hingga Kamis, 20 Oktober 2022 sebanyak 25 KK atau 250 jiwa korban banjir bandang masih mengungsi. Tempat pengungsian berada di Desa Penyaringan sebelah timur jembatan dan Kelurahan Tegalcangkring, ada juga yang mengungsi di tempat kerabat. Pemprov Bali sendiri akan memberikan bantuan dengan dana sebesar 30 miliar rupiah bagi warga yang terdampak.

Bencana Hidrometeorologi Yang Melanda Bali

Pekan ini, Pulau Dewata dilanda banyak bencana hidrometeorologi. Selain banjir bandang di Kabupaten Jembrana, berikut bencana yang melanda Bali pada pekan ini:

  1. Kabupaten Karangasem

Terjadi banjir dan tanah longsor, tiga orang meninggal dunia, dua sekolah terendam banjir, masyarakat sekitar mengungsi.

  1. Kabupaten Tabanan

Terjadi banjir dan tanah longsor. Satu orang di Kecamatan Baturiti meninggal dunia tertimpa reruntuhan rumah saat longsor. Banyak pohon tumbang dan kerusakan infrastruktur.

  1. Kabupaten Badung

Terjadi banjir dan tanah longsor. Tidak ada korban jiwa, namun tanah longsor di Kecamatan Petang menyebabkan pohon tumbang dan robohnya bangunan di 17 lokasi. Bencana banjir juga menyebabkan kerusakan rumah dan jembatan.

Selain itu Kabupaten Badung juga menjadi wilayah yang terdampak cukup parah karena tanah longsor terjadi di dua kecamatannya. Di Kecamatan Abiansemal, banjir membuat banyak pohon tumbang dan jembatan putus di 7 lokasi. Sedangkan di Kecamatan Mengwi, tanah longsor merusak jembatan dan menyebabkan pohon tumbang di 9 lokasi.

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini