Informasi Umum Sudah Rilis, Ini Dia Pembaharuan Fitur Pada iOS 16

Sudah Rilis, Ini Dia Pembaharuan Fitur Pada iOS 16

Ilustrasi Tampilan iOS 16/apple.com

Setelah meluncurkan iPhone seri baru yaitu iPhone 14 pada 7 September 2022 lalu, Apple kembali meluncurkan iOS versi terbaru yaitu iOS 16 pada 12 September 2022. Hal itu diumumkan secara resmi pada laman website Apple. Apple menyebutkan bahwa perangkat iPhone yang dapat mengupgrade iOS versi terbaru ini adalah perangkat iPhone 8 keatas.

iOS 16 hadir untuk menyempurnakan iPhone dengan segala fitur personalisasi baru, kecerdasan yang lebih dalam, dan cara yang lebih mulus untuk berbagi dan berkomunikasi. Ada beberapa fitur baru yang ditawarkan oleh iOS keluaran terbaru ini yaitu:

  1. Konsep Lock Screen Terbaru
Pengaturan Lock Screen Pada iOS 16/apple.com

Anda dapat mengatur foto favorit yang akan ditampilkan pada Lock Screen, bahkan Anda dapat mengganti Lock Screen hanya dengan menyentuh, tahan, lalu geser Lock Screen. Selain itu Anda juga dapat mengganti font dan warna pada layar terkunci sesuai kepribadian Anda.

iOS 16 juga memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri widget yang akan muncul di Lock Screen Anda. Nantinya desain now playing saat memutar musik juga akan berubah. Selain itu notifikasi saat layar terkunci akan muncul dari bawah secara visual.

2. Fokus

Pengaturan Fokus Pada iOS Versi Terbaru/apple.com

Anda akan lebih mudah untuk mengatur fokus, misalnya untuk memilih orang yang akan Anda terima atau Anda bungkam notifikasinya. Anda juga dapat mengatur fokus yang ingin Anda gunakan seperti fokus pribadi atau fokus kerja. Saat beralih pada fokus pribadi, Anda dapat menyembunyikan kalender kerja atau sebaliknya.

3. Pesan

Pada iOS 16 ini, Anda akan dapat mengedit pesan setelah 15 menit setelah mengirimnya. Penerima pesan juga dapat melihat pesan apa saja yang sudah diedit. Anda juga dapat meng-unsend pesan setelah 2 menit mengirimnya. Jika Anda ingin mengembalikan pesan yang sudah dihapus, Anda juga dapat melakukannya paling lambat 30 hari setelah pesan dihapus.

4. Mail

Ada beberapa fitur baru dalam mail yaitu undo send, schedule send, follow up, dan add rich links. 

5. Home

Aplikasi home memiliki desain baru yang akan mempermudah navigasi, pengaturan, tampilan, dan kontrol seluruh aksesori Anda. Selain itu di Anda juga dapat melihat hingga empat tampilan kamera yang ditampilkan di depan dan tengah tab Beranda. Untuk melihat tampilan kamera tambahan, Anda cukup menggulir layar.

Selain yang disebutkan diatas, iOS 16 juga melakukan pembaharuan pada Health and Fitness, Apple Pay and Wallet, Dictation, Maps, Safari and Passkeys, Privacy and Security, dan  Accessibility. Fitur-fitur baru yang ditawarkan dapat Anda baca secara lengkap melalui website https://www.apple.com/ios/ios-16/

Baca juga: Apa Yang Baru dari iOS 16?

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini