Wisata kuliner menjadi hal yang tren saat ini. Banyak makanan yang bisa dicicipi saat berwisata kuliner, salah satunya adalah street food. Tidak hanya Korea Selatan saja yang terkenal dengan street foodnya, namun Indonesia juga memiliki jajanan-jananan serupa yang enak dan bisa dicicipi. 

Bahkan Indonesia masih memiliki street food tradisional yang masih eksis hingga sekarang. Tak perlu makanan yang selalu modern, street food tradisional khas Indonesia ini juga tak kalah enaknya. Apa saja yang dapat kita cicipi, cek rekomendasinya berikut ini!

  1. Cenil
Street Food Cenil/boladeli.id

Jajanan satu ini biasa dijajakan di tenda-tenda kecil pinggir jalan atau di dalam pasar. Cenil adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung kanji dan memiliki tekstur yang kenyal. Biasanya cenil juga diberi pewarna makanan seperti merah, kuning, dan hijau. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, sekitar Rp 1.000-3.000 per bungkusnya.

2. Kue Ape

Street food tradisional satu ini merupakan makanan khas Betawi. Kue satu ini berbahan dasar tepung terigu dan disajikan dengan susu kental manis. Tekstur kue ini lembut di tengah dan renyah di pinggir. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, Anda bisa membeli kue ape dengan harga Rp 1.000 per biji.

3. Cilok dan Cimol

Olahan Cimol/cookpad.id

Cilok dan cimol mudah ditemui pada abang-abang pedagang gerobakan yang berjualan di depan sekolah. Namun saat ini cilok dan cimol juga dapat ditemukan di kafe-kafe kecil. Jajanan ini berbahan dasar aci yang dicolok dan dibentuk-bentuk bulat. Biasanya cilok dan cimol akan lebih lezat jika diberi bumbu bubuk asin maupun pedas. Biasanya harga cilok berkisar Rp 500-1.000 per bijinya.

4. Donat Kentang

Street food satu ini dapat ditemui pada pedagang-pedagang di pinggir jalan, pasar, maupun pedagang keliling. Seperti namanya, donat ini terbuat dari kentang. Akan lebih nikmat jika diberi taburan gula halus atau meses.

5. Es Puter

Es Puter Dengan Topping/sweettrip.id

Berbeda dengan es krim modern pada saat ini, es puter atau dikenal dengan es tong-tong dijajakan oleh pedagang keliling memakai gerobak khusus es. Es puter terbuat dari santan dan biasanya bisa ditambah toping seperti susu kental manis, roti tawar, bahkan tape. Harga jajanan satu ini cukup terjangkau, hanya Rp 3.000-5.000 per cup nya.

Itu dia beberapa rekomendasi street food tradisional khas Indonesia yang masih eksis dan bisa dinikmati hingga sekarang. Jangan lupa belikan untuk keluarga di rumah ya!

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon