Menurut riset dari OCBC NISP dan Nielsen Indonesia pada tahun 2021, 85% milenial di Indonesia memiliki kondisi keuangan yang belum sehat. Salah satu indikator riset tersebut adalah pada sikap dan perilaku dalam pengaturan finansial. Baru ada 14,3% milenial di Indonesia yang sadar bahwa kesehatan finansial itu penting. 

Kesehatan finansial tentu menjadi tabungan berharga, bukan hanya untuk masa kini tapi juga masa depan. Bahkan finansial yang sehat akan membuat kita lebih tenang menghadapi keadaan-keadaan darurat yang tidak bisa kita perkirakan kapan datangnya. Terlebih lagi bagi generasi milenial yang kebutuhannya semakin meningkat seiring perkembangan zaman.

Menjaga kesehatan keuangan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah investasi. Nah bagi generasi milenial ternyata tersedia berbagai jenis investasi yang dapat dijalankan dengan mudah loh! Apa saja itu? Mari kita bahas satu persatu.

  1. Emas
Ilustrasi Investasi Emas/pixabay.com

Emas dapat dibilang adalah alat investasi kuno atau jadul. Namun ternyata, emas adalah salah satu investasi yang cocok bagi milenial. Hal ini karena investasi emas memiliki resiko yang lebih rendah daripada jenis investasi yang lain. Selain itu, harga emas bisa tiba-tiba naik dan memberikan keuntungan bagi yang berinvestasi.

2. Reksadana 

Reksadana sendiri dipercaya menjadi salah satu investasi paling menjanjikan bagi kaum milenial. Modal investasi reksadana pun tidak terlalu besar, bahkan dengan modal 100 ribu rupiah Anda sudah bisa mulai berinvestasi.

Selain itu, Anda juga tidak perlu setiap hari memantau perkembangan aset Anda karena akan ada Manajer Investasi yang membantu alokasi investasi Anda.

3. Obligasi Pemerintah

Ilustrasi Obligasi/accounting.binus.ac.id

Di Indonesia sendiri obligasi pemerintah dibagi menjadi empat yaitu Sukuk Ritel, Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan, dan Saving Bond Ritel (SBR). Modal untuk memulai investasi ini adalah mulai dari 1 juta rupiah dan kelipatannya. 

Meskipun tidak langsung menghasilkan keuntungan, angka investasi yang selalu bertahap naik dapat menguntungkan investor. Keamanannya juga tidak usah diragukan lagi karena jenis investasi ini langsung diawasi oleh negara.

4. P2P Lending

Jenis investasi ini cocok bagi kaum milenial karena modal yang dibutuhkan cukup terjangkau, mulai dari 100 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah. Selain itu hasil investasi pada instrumen P2P (peer to peer) Lending dapat mencapai 2 kali lipat atau lebih sehingga dapat menguntungkan. Jenis investasi ini juga disebut lebih menguntungkan daripada deposito berjangka.

Berkaca dari keadaan tersebut, diharapkan kaum milenial semakin melek dengan kesehatan keuangan. Semuanya tentu demi kebaikan nasib finansial di masa kini dan masa yang akan datang. Selamat berinvestasi!

Penulis: Serafina Indah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini