Salah Satu Dampak Guncangan Gempa 5,8 SR Pada Rumah Warga di Tojo Una-Una/bnpb.go.id

Bencana alam gempa bumi kembali guncang Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,8 SR ini terjadi pada Kamis, 26 Agustus 2021 pukul 09.14 WIB selama tiga detik. Guncangan yang dirasakan membuat warga sempat panik dan berlarian keluar rumah. Lokasi gempa berada pada 44 km barat laut Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah dengan kedalaman 10 km. BMKG mengatakan bahwa guncangan gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) gempa ini dirasakan di wilayah Ampana dengan kekuatan IV-V MMI, Poso IV MMI, Morowali III MMI, Luwu Timur dan Parigi Moutong II-III MMI, Palu, Tolitoli, dan Buol II MMI. Dalam skala V MMI, getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang dan barang besar tampak bergoyang, dan bandul lonceng dapat berhenti.

Akibat guncangan gempa ini, berdasarkan data sementara pada Kamis, 26 Agustus 2021 pukul 10.50 WIB, BPBD Kabupaten Tojo Una-Una menginformasikan bahwa ada beberapa warga yang mengungsi dan satu warga meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumah. Sementara itu untuk kerusakan rumah warga masih dalam tahap pendataan oleh petugas di lapangan.

BNPB telah melakukan koordinasi dengan BPBD setempat untuk memantau situasi pasca gempa melalui Pusdalops BPBD Kabupaten Tojo Una-Una. Masyarakat setempat dihimbau untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap adanya potensi gempa susulan maupun informasi yang salah atau hoaks terkait dengan terjadinya gempa tersebut.

Kondisi Geografis Tojo Una-Una

Kabupaten Tojo Una-Una baru saja diguncang gempa satu bulan yang lalu tepatnya pada tanggal 26 Juli 2021 pukul 10.52 WIB. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,9 SR dan guncangannya terasa selama 2-3 detik. Guncangan gempa menyebabkan warga panik dan berhamburan keluar rumah. Meskipun begitu, gempa ini tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa. 

Berdasarkan analisis dari Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral kondisi geologi Kabupaten Tojo Una-Una membuat efek dari guncangan gempa bumi akan semakin terasa. Morfologi wilayah Kabupaten Tojo Una-Una umumnya adalah pegunungan dan perbukitan landai hingga terjal, dan sebagian merupakan dataran dengan kemiringan 0-2%. Daerah tersebut tersusun atas batuan berumur Pra Tersier (batuan metamorf dan meta sedimen), Tersier (batuan sedimen dan batuan rombakan gunung api) dan Endapan Kuarter (endapan aluvial dan rombakan dari batuan sekitarnya).

Endapan dan batuan diatas yang telah mengalami pelapukan akan bersifat urai, lunak, lepas, belum kompak. Hal ini dapat memperkuat efek guncangan sehingga daerah tersebut rawan gempa bumi. Selain itu, morfologi perbukitan terjal yang tertutup baruan berumur seperti Pra Tersier dan Tersier yang mengalami pelapukan akan berpotensi terjadi gerakan tanah/longsoran apabila dipicu guncangan gempa bumi kuat. Apalagi daerah tersebut merupakan daerah dengan curah hujan tinggi.

Masyarakat setempat dihimbau untuk dapat memahami kondisi geografis tempat tinggalnya. Badan Geologi juga mengimbau masyarakat waspada jika pasca gempa terjadi retakan tanah di atas bukit berbentuk melingkar ke arah lembah, karena dapat memicu terjadinya gerakan tanah.

Penulis: Serafina Indah Chrisanti

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini