Ilustrasi Undang Undang Pasar Modal/jepara.bawaslu.go.id

Ada beberapa singkatan yang terkadang membuat kita menjadi bingung, karena mungkin ada singkatan lain yang sama. Salah satunya adalah UUPM, sebagian dari kita mungkin lebih mengenalnya sebagai singkatan dari Undang Undang Pasar Modal. Namun tahukah Anda bahwa ternyata itu memiliki arti yang lain?

Dalam Kamus Akronim Bahasa Indonesia, UUPM merupakan singkatan dari Undang Undang Penanaman Model (tidak menemukan website resmi Kamus Akronim). Namun disaat kami mencoba mencari ada atau tidaknya bentuk fisik dari Undang Undang ini, ternyata tidak ada. Yang kami temukan adalah UUPM yang merupakan singkatan dari Undang Undang Pasar Modal. Kami memperkirakan bahwa singkatan pertama merupakan ejaan lama dan yang benar adalah singkatan kedua.

UUPM di Indonesia diatur dalam Undang Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Beberapa orang dan media memang lebih sering menyingkatnya dengan UUPM agar lebih mudah disebut dan diingat. Undang Undang ini mengatur tentang kegiatan dan pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas Pasar Modal.

Keberadaan Pasar Modal di Indonesia menjadi sangat penting karena Pasar Modal memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Pasar modal menjadi salah satu sumber pembiayaan bagi dunia usaha dan juga dapat menjadi wahana investasi bagi masyarakat. Sehingga seluruh aktivitas ekonomi dan finansial dapat berjalan lancar jika ada Undang Undang Pasar Modal ini.

Yang Diatur Dalam UUPM

Dalam UUPM sendiri, ada beberapa hal yang diatur terkait dengan aktivitas dalam Pasar Modal. Beberapa hal yang diatur dalam Undang-Undang ini adalah mengenai:

  1. Bursa Efek dan Biro Administrasi Efek
  2. Emiten
  3. Fakta Material
  4. Kustodian
  5. Lembaga Kliring
  6. Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian
  7. Pasar Modal
  8. Penawaran Umum
  9. Prospektus
  10. Reksadana 
  11. Transaksi busa, dll

Undang Undang ini dapat dijadikan acuan perusahaan dan para pihak-pihak yang memiliki aktivitas dalam Pasar Modal untuk membuat peraturan. Sehingga kegiatan apapun yang berjalan di Pasar Modal dapat berjalan dengan lancar. 

Penulis: Serafina Indah

Editor: Sebastian Simbolon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini